UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR‟AN HADITS STUDI KASUS DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CIPUTAT
Maulidda, Rahim (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR‟AN HADITS STUDI KASUS DI MTS MUHAMMADIYAH 1 CIPUTAT. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits studi kasus di MTS Muhammadiyah 1 Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pertama, kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu siswa mengalami kesulitan memamhami materi pelajaran tajwid dan kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Kedua Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan sosial, keadaan ekonomi keluarga yang rendah. Ketiga, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik adalah dengan mengadakan kegiatan BTQ (Baca Tulis Qur’an), melakukan tindakan secara personal kepada siswa yang mempunyai masalah dalam belajar, memotivasi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:26 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:26 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9219 |
Actions (login required)
View Item |