NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSEPEKTIF ANIES BASWEDAN
Bahtera, Hadi (2019) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSEPEKTIF ANIES BASWEDAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI FULL TEKT.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
v ABSTRAK Nama : Bahtera Hadi NPM : 2015510027 Program Studi : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi :: Halaman : 158 halaman + xiii halaman + 6 gambar + 7 lampiran Anies Baswedan adalah tokoh pembawa perubahan kontemporer/ abad ke-21. Ia melibatkan diri dalam memberikan ide untuk mengatasi permasalahan di Indonesia, salah satunya pendidikan. Di sini ditemukan bahwa Anies Baswedan selaku aktor perubahan, ternyata memiliki latar pendidikan, yang bukan dari pendidikan (guru). Tetapi selalu menomorsatukan pendidikan. Kemudian dalam salah satu sambutannya di Taman Mini 2017 silam. Menyatakan bahwa proyeksi pendidikan abad 21 adalah karakter, kompetensi, dan literasi. Di sinilah tujuan dalam merumuskan karya ilmiah ini, untuk mengetahui persepektif Anies Baswedan tentang nilai-nilai karakter dalam pendidikan Islam, serta pandangannya tentang karakter, kompetensi, dan literasi. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metodenya menggunakan kajian pustaka, yang diperkuat dengan hasil wawancara. untuk menelaah terkait nilai-nilai karakter dalam pendidikan Islam menurut persepektif Anies Baswedan. Penelitian ini berdasarkan penelitian langsung (melalui sumber buku-buku terkait)serta dengan narasumber wawancara terpercaya. Agar data yang didapatkan lebih akurat, dan tepat. Hasil penelitian yang didapat adanya korelasi antara tiga ranah pendidikan yang menjadi fokus utama pada abad ke-21, dalam sambutan yang tokoh sampaikan. Bahwasanya nilai-nilai karakter menurut persepektifnya, yaitu berdasarkan pengalaman, serta hasil didikan semasa kecilnya. Dan orangtuanya selalu menomortsatukan religiusitas. Sehingga pernyataan dan gerakkan yang dilakukan tokoh berdasarkan dari hasil pendidikan Islam. Kemudian persepektif Anies baswedan tentang karakter, kompetensi dan literasi secara garis besarnya, berupa gerakkan atau membangun LSM dalam merealisasikan pandangannya tentang tantangan pendidikan abad 21.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 09:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 09:01 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9211 |
Actions (login required)
View Item |