STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SUKABUMI CICURUG

ASTI, KHAIRUNISA (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SUKABUMI CICURUG. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi Cicurug merupakan bank syariah yang mempunyai produk tabungan haji. Dalam memasarkan produknya Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi Cicurug menggunakan metode Mensegmentasi Pasar, Menarget Pasar, Posisi Bank Syariah Indonesia sebagai lembaga keuangan yang juga sekaligus pengelola dana tabungan haji dan Marketing Mix. Salah satunya adalah strategi promosi. Namun, dari beberapa strategi promosi yang diterapkan, hanya satu strategi yang masih digunakan yaitu cross selling. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran sesuai dengan masalah yang sudah diidentifikasikan. Tujuan yang hendak dicapai peneliti yaitu untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi cicurug dan untuk menjelaskan kendala apa saja yag dihadapi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi Cicurug dalam memasarkan produknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang di dapat dari kegiatan wawancara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk tabungan haji Indonesia di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Sukabumi Cicurug, yaitu diimplementasikan menggunakan analisa segmentasi, target, posisi dan marketing mix atau bauran pemasaran 7P : product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses). Produk Tabungan Haji Indonesia ini dipasrkan melalui : door to door, cross selling, periklanan dan open table.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 08 Jun 2022 09:34
Last Modified: 08 Jun 2022 09:34
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item