UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP IPTEK TANGERANG SELATAN
MAI, DAYANTI (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP IPTEK TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMP IPTEK Tangerang Selatan. Pendidikan Islam adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengubah tingkah laku ke arah yang baik dengan melalui pendidikan yang dilandasi dengan nilai�nilai agama Islam. Melalui pendidikan agama Islam seseorang akan menjadi kepribadian yang baik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan proses pengumpulan data observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, bidang kurikulum dan orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di SMP IPTEK Tangerang Selatan yang dilakukan melalui metode dan melalui kegiatan-kegiatan. Upaya yang dilakukan metode yaitu dengan cara pembiasaan, keteladana, nasihat dan teguran atau peringatan. Sedangkan upaya yang dilakukan melalui kegiatan yaitu dengan melakukan kegiatan di dalam jam pembelajaran dan di luar jam pembelajaran seperti pembiasaan mengucapkan salam, menjawab salam, berdoa, membaca ayat-ayat suci Al-Qur‟an, pembacaan shalawat, asmaul husna, berzikir, dan melakukan shalat dhuha. Akhlak peserta didik di SMP IPTEK Tangerang Selatan sudah dapat dikatakan baik. Karena hasil dari upaya-upaya yang dilakukan oleh setiap guru. Meskipun masih ada sebagian peserta didik yang kurang baik, akan tetapi masih bisa untuk dibimbing dan dididik. Tetapi sejuah ini setiap peserta didik sudah memiliki akhlak yang baik, baik terhadap guru, orang tua, maupun teman dan lingkungannya. Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak peserta didik yaitu orang tua, diri sendiri, guru, dan fasilitas sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keluarga, lingkungan, dan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 09:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 09:34 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8569 |
Actions (login required)
View Item |