KORELASI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSA’ADAH CIGANJUR JAKARTA SELATAN
ABDUL, HAKIM (2022) KORELASI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSA’ADAH CIGANJUR JAKARTA SELATAN. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Terdapat perbedaan kemampuan awal peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di Madrsah Tsanawiyah Darussa’adah Jakarta Selatan. Penelitian ini meneprakan penelitian kualitatif dengan product moment. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Jakarta Selatan yang berjumlah 380 siswa. Populasi terjangkau/kerangka sampel berjumlah 122 siswa dari seluruh kelas VII yang terdiri atas empat rombongan belajar. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua rombongan belajar yaitu kelas VII-1 dan VII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrument utama. Teknik analisis data menggunakan uji korelasional dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (14,36 > 1,697) pada =0,05. artinya H0 diterima dengan R sebesar 0,938. Jadi pengaruh kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Akidah Akhlak sebasar 93,8%. Dengan demikian terdapat pengaruh kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 27 May 2022 01:26 |
Last Modified: | 27 May 2022 01:26 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8495 |
Actions (login required)
View Item |