PERAN GURU TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN MENJAGA HAFALAN PESERTA DIDIK SISWA KELAS 6 SDIT AL IHSAN KEBAGUSAN JAKARTA SELATAN

Khaiza, Rani (2022) PERAN GURU TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN MENJAGA HAFALAN PESERTA DIDIK SISWA KELAS 6 SDIT AL IHSAN KEBAGUSAN JAKARTA SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Ihsan Kebagusan mengenai peran guru taḥfīẓ al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menjaga hafalan siswa (studi kasus: siswa kelas 6 di SDIT Al Ihsan Kebagusan). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kegiatan tahfiz yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran guru taḥfīẓ al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menjaga hafalan siswa dengan menguraikan gambaran tentang: bagaimana upaya dan peran seorang guru dalam meningkatkan menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an siswa kelas 6 di SDIT Al Ihsan, analisa hambatan serta solusi dari guru dalam meningkatkan hafalan serta menjaga hafalan siswa di SDIT Al Ihsan dengan hasil yang didapatkan di lapangan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang memuat sumber data primer dari hasil wawancara dan observasi lapangan, serta sumber data sekunder dari hasil dokumen tertulis maupun foto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori subtantif, yaitu mengatur data, mengurutkan, dan mengelompokkan, memberikan kode dan mengkategorikannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa SDIT Al Ihsan Kebagusan telah melaksanakan program tahfizh Al-Qur’an dimulai dari kelas satu hingga kelas enam dan harus mencapai 10 juz. Program tahfiz dilakukan dengan metode sima’i dan talaqqi, serta dilengkapi dengan muroja’ah setiap hari. Peran guru dalam meningkatkan menghafal dan menjaga hafalan siswa, di antaranya membimbing siswa, memberikan waktu khusus untuk muroja’ah, mendampingi siswa dalam menyetorkan hafalan, memberikan motivasi terhadap siswa untuk lebih fokus serta memfasilitasi siswa dalam memperkuat hafalan. Beberapa hambatan yang ditemui oleh guru maupun siswa dalam menghafal al-Qur’an dan menjaganya adalah perbedaan kemampuan daya ingat anak, kurangnya peran orangtua dalam memberi dorongan dan pendampingan, terdapat beberapa ayat yang sulit dihafal, suasana yang terkadang kurang kondusif Sedangkan solusi dari hambatan tersebut dilakukan dengan meningkatkan motivasi dari guru, orangtua, dan siswa, menumbuhkan kesadaran menjaga hafalan dalam diri siswa, serta mengulang-ulang talaqqi dan muroja’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:38
Last Modified: 05 Apr 2022 02:38
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item