PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KKGPAI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN
NI’MAH, NI’MAH (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KKGPAI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN. Thesis (S2) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
TESIS.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang harus dimiliki oleh seseorang. Sedang kompetensi guru dapat diartikan kemampuan atau kecakapan yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional Tujuan penelitian untuk: (1) Mengetahui pengaruh antara Kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional) terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) KKGPAI di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, (2) Mengetahui pengaruh antara demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, masa kerja, status kepegawaian guru, dan status sertifikasi guru) terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di KKGPAI Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, (3) Mengetahui pemanfaatan teknologi yang dipergunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), (4) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di KKGPAI di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Populasi penelitian para guru KKGPAI Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan dengan jumlah 103 orang. Sampel populasi penelitian ini berjumlah 75 orang, pemilihan sample dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, heterokedastisitas, uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptip dan uji regresi parsial. Adapun korelasi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang kurang signifikan terhadap hasil belajar PAI selama Pembelajaran Jarak Jauh di di KKGPAI Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Hasil Uji F menunjukkan F hitung = 4,690 > F tabel = 3,97 dengan tingkat signifikansi 0,034 < α = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 72,585 + 0,2 X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,06, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar PAI sebesar 6%, sedangkan sisanya yakni 94 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kompetensi guru KKGPAI berada pada kriteria sedang sebanyak 62,67%. Demikian pula dengan variabel dependen, yaitu hasil belajar PAI berada pada taraf sedang pada rentang nilai 82-89, nilai ini berada di atas rata-rata nilai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Mengajar) siswa yang berada pada angka 75.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S2 Master of Islamic Study / Magister Studi Islam |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 09:18 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 09:18 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7230 |
Actions (login required)
View Item |