UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI TAHASSUS(Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat Tangerang Selatan)
Luthfiani, Nur ‘Azizah (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI TAHASSUS(Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat Tangerang Selatan). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
LUTHFIANI NUR'AZIZAH FULL TEKT.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri tahassus di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar santri tahassus di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis yaitu dengan memaparkan data-data hasil temuan dilapangan dan menganalisisnya untuk mendapatkan kesimpulan yang benar dan akurat. Pengumpulan data dilakukan denan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah orang-orang yang mengetahui, berkaitan dan menjadi pelaku dari suatu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan informasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melalui 3 tahap pertama tahap reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri Tahassus di Pondok Pesantren Maddinatunnajah Jombang Ciputat yaitu memberikan reward dan hukuman, menumbuhkan minat belajar santri tahassus dengan merubah tempat belajar dan lingkungan belajar dan memberikan tugas. Adapun Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar santri tahassus di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat yaitu adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, adanya dukungan penuh dari kepala sekolah, adanya kesadaran dari diri santri, dan adanya motivasi dari orangtua. Dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar santri tahassus di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat yaitu berbedanya kemampuan siswa, media belajar yang belum optimal, dan kualitas guru yang kurang kreatif dalam mengolah metode pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:40 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/6876 |
Actions (login required)
View Item |