PENINGKATAN MENULIS TEKS FANTASI MENGGUNAKAN METODE PJBL BERBANTUAN MEDIA BONTANG

Priastari, Monika and Devi, Wika Soviana (2021) PENINGKATAN MENULIS TEKS FANTASI MENGGUNAKAN METODE PJBL BERBANTUAN MEDIA BONTANG. METAFORA Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Vol 8 (1). pp. 65-73. ISSN 2776-6020

[img] Text (PENINGKATAN MENULIS TEKS FANTASI MENGGUNAKAN METODE PJBL BERBANTUAN MEDIA BONTANG)
10276 - Published Version

Download (39kB)
Official URL: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi dari penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berbantuan media Bontang (Boneka tangan) di kelas VII SMP Terpadu Darussalam Depok. Jenis penelitian adalah penelitian saintifik dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dimana saat eksperimennya menggunakan 3 tahapan prasiklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-A pada semester ganjil tahun 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Nilai rata-rata pembelajaran menulis cerita fantasi prasiklus 53 siklus I sebesar 73,5 dan siklus II 79,5. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan media Bontang (boneka tangan) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII-A SMP Terpadu Darussalam Depok.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Wika Soviana
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:46
Last Modified: 27 Aug 2021 03:46
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item