PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Yuwanita, Ika and Indira Dewi, Happy and Wicaksono, Dirgantara (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Instruksional, 1 (2). pp. 152-158. ISSN 2686-5645

[img] Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain treatmen by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda dan yang digunakan untuk gaya belajar visual adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang diberikan metode pembelajaran Expository Learning lebih tinggi dari siswa yang diberikan metode pembelajaran Conventional Learning (2) terdapat pengaruh interaksi antara Metode pembelajaran dan gaya belajar visual (3) Hasil Belajar IPA siswa yang memiliki gaya belajar visual tinggi dan diberikan metode pembelajaran Expository Learning lebih tinggi dari siswa yang diberikan metode pembelajaran Conventional Learning (4) Hasil Belajar IPA siswa yang memiliki gaya belajar visual rendah dan diberikan metode pembelajaran Expository Learning lebih rendah dari siswa yang diberikan metode pembelajaran Conventional Learning

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S2 Master of Technology Education / Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Dr.S.T.M.T Happy Indira Dewi
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:53
Last Modified: 13 Aug 2021 06:53
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item