EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT INSAN MADANI 8 JURANG MANGU TANGERANG SELATAN

Nazela, Salsabila Wihda (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT INSAN MADANI 8 JURANG MANGU TANGERANG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran daring menjadi pilihan yang tak terelakkan di situasi pandemi Covid19. Banyak kendala dan hambatan yang muncul dalam menerapkan pembelajaran daring. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran daring berbasis daring di masa pandemi Covid19 khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP IT Insan Madani 8 Jurang Mangu Tangerang Selatan telah melaksanakan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Sekjen Kemendikbud Nomor 15 tahun 2020 menyangkut mekanisme dan efektivitas pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran PAI di SMP IT Insan Madani 8 Jurang Mangu Tangerang Selatan. Hal tersebut didasari dari hasil kontribusi orang tua, kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas VIII yang telah melaksanakan 8 poin mekanisme pembelajaran daring dan 13 poin efektivitas pembelajaran daring dengan cukup baik. Adapun kendala yang seringkali dihadapi SMP IT Insan Madani 8 Jurang Mangu Tangerang Selatan, diantaranya siswa seringkali terlambat dalam menghadiri kelas online, keterbatasan fasilitas misalnya hanya memiliki satu HP untuk belajar daring, sehingga harus bergantian dengan kakak/adik di rumah, guru kesulitan memberikan materi yang bersifat praktik, serta orang tua yang kesulitan dalam mengoperasikan gadget dan menerangkan materi PAI kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Yahya Yahya
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:35
Last Modified: 16 Jun 2021 04:35
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item