Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota (Studi Pola Komunikasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Beji)
Shinyo, Shinyo (2021) Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota (Studi Pola Komunikasi Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Beji). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Skripsi Shinyo.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Pola Komunikasi Organisasi menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi aktivitas sebuah kelompok ataupun organisasi. Sebab meningkatnya loyalitas pada diri anggota salah satunya dipengaruhi dari komunikasi atau pesan yang disampaikan oleh pimpinan. Tidak loyalitasnya anggota juga diikuti oleh pola komunikasi organisasi, dimana penyampaian informasi dari pihak pimpinan seringkali tidak efektif dan tidak dapat diterima secara baik oleh anggota. Hal ini pimpinan perlu membangun pola komunikasi yang baik dan tepat agar para anggota memiliki loyalitas. Penelitian ini memiliki subfokus yaitu: strategi komunikasi pimpinan harian dalam meningkatkan loyalitas anggota IPM Cabang Beji dan faktor pendukung serta penghambat komunikasi antara pimpinan harian dan anggota IPM Cabang Beji. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan induktif, dimana peneliti menyajikan data empirik hasil dari pengamatan dengan melalui paparan naratif atau dalam bentuk kata dan kalimat (verbal) bukan melalui angka dan bilangan (numerik). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi komunikasi pimpinan harian dalam meningkatkan loyalitas anggota IPM Cabang Beji yaitu: a) Menerapkan komunikasi informal, b) Menerapkan kombinasi daring & luring. (2) faktor pendukung dan penghambat komunikasi antara pimpinan harian dan anggota IPM Cabang Beji yaitu: a) Faktor pendukungnya adalah dengan menerapkan komunikasi informal, b) Faktor penghambatnya adalah : anggota belum bisa memanajemen waktu organisasi, anggota tidak memiliki internet, dan anggota tidak memiliki kendaraan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Communication and Broadcasting / Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 07:06 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 07:06 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5032 |
Actions (login required)
View Item |