Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta

Fuji, Lestari (2020) Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi guru meliputi kompetensi profesional, pedagogik, personal, dan sosial selalu menjadi fokus perhatian dari semua pihak yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pendidikan dan bagi guru baik sebagai individu maupun kelompok komunitas pendidik di berbagai satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komptensi Profesional Guru Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta. Penelitian dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak tanggal 11 Oktober 2019 sampai dengan 10 Juni 2020. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif, dengan metode survey. Populasi penelitian seluruh guru Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta berjumlah 45 orang yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Sampel penelitian berjumlah 40 yang diambil dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data utama menggunakan kuesioner, didukung dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi instrument menggunakan Korelasi Produck Moment untuk uji validitas, dan Alpa Chronbah untuk reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik desktiptif yang meliputi tabel distribusi frekuensi, grafik, mean, median, modus, dan varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru MAN 19 Jakarta dinyatakan baik karena rerata skor empirik lebih besar dari pada skor teoritik (121.175 > 90). 52.5% kompetensi profesional berkategori sangat tinggi, 45% berkategori tinggi, tidak ada yang berkategori cukup, dan 2.5% berkategori kurang. Dimensi menguasai materi, stuktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu memberikan sumbangan yang tinggi sebesar 47.5% terhadap kompetensi profesional guru, dimensi mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif sebesar 45%, dimensi mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif; melakukan tindakan reflektif sebesar 52.5%, dimensi menguasai standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu dan dimensi memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri sebesar 47,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:21
Last Modified: 19 Apr 2021 05:21
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item View Item