STRATEGI PEMASARAN PRODUK PT BPRS AL SALAAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Niken, Ayu Melani (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PT BPRS AL SALAAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (10MB) |
Abstract
Untuk mencapai keunggulan dalam bersaing dan dapat memenangkan kompetisi yang berkembang semakin ketat saat ini, PT BPRS Al Salaam sebagai Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang menjalankan sistem perbankan syariah membutuhkan strategi pemasaran produk yang baik dan tepat, karena PT BPRS Al Salaam tidak hanya memiliki pesaing sesama BPR dan BPRS melainkan juga Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), dan lembaga keuangan syariah lainnya yang terus bermuculan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi PT BPRS Al Salaam dan mengidentifikasi strategi pemasaran PT BPRS Al Salaam dengan Analisis SWOT untuk menghasilkan alternatif strategi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan produk. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan Direktur Utama PT BPRS Al Salaam. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, internet dan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data ini menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT BPRS Al Salaam yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P (Product, Price, Place dan Promotion). Dengan strategi pemasaran ini PT BPRS Al Salaam mampu bersaing dengan lembaga keuangan syariah lainnya selama mendapat predikat bank sehat selama 26 tahun. Berdasarkan hasil analisis SWOT yaitu strategi SO: Meningkatkan citra PT BPRS Al Salaam sehingga dapat memperluas pangsa pasar, meningkatkan kepercayaan nasabah dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan mempertahankan kualitas produk. Strategi WO: Menambah kantor cabang di setiap daerah dan meningkatkan promosi yang lebih gencar disemua media untuk meningkatkan pangsa pasar. Strategi ST: Melakukan inovasi produk dan terus meningkatkan kinerja SDM. Strategi WT: Meningkatkan mutu SDM dengan melakukan kegiatan pelatihan (Training) seperti pelatihan pengetahuan produk (Product Knowledge) serta teknik komunikasi dan negosiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tia Mutiawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 01:55 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 01:55 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4616 |
Actions (login required)
View Item |