STRATEGI PEMASARAN PRODUK KPR DI BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG FATMAWATI

Aldi, Alfiyan Rahmat (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK KPR DI BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG FATMAWATI. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati, dengan menggunakan bauran pemasaran yaitu : (1) strategi produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati; (2) strategi harga produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati; (3) strategi promosi produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati; (4) strategi proses produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati, dan (5) nilai- nilai syariah yang terkandung dalam produk KPR BNI Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data, keputusan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan (1) Strategi produk KPR Griya iB Hasanah BNI Syariah Cabang Fatmawati dapat memenuhi faktor keunggulan yang harus ada di dalam suatu produk perumahan, yaitu (a) akses abilitas, (b) keunggulan lokasi, (c) keunggulan desain, (d) keunggulan lahan, (e) keunggulan estitika (layout), (f) keunggulan daya tahan, (g) keunggulan bahan, (h) keunggulan interior, (i) keunggulan ekterior, (j) keunggulan fasilitas produk, (k) keunggulan pemilihan cat. Hal ini menjadi sangat penting, terutama dalam akad Murabahah.Sementara dalam akad wakalah, faktor- faktor keunggulan tersebut harus dipertimbangkan oleh pengembang agar rumah yang mereka bangun menjadi pilihan ketika seseorang ingin membeli rumah; (2) strategi harga produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati adalah dengan uang muka ringan yang dikaitkan dengan penggunaan pembiayaan dan harga jual tetap tidak berubah sampai lunas; (3) strategi promosi produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati, yaitu (a) Brosur; (b) Media Sosial; (c) Umbul-umbul; (d) Standing Banner; (e) Pameran-pameran; (f) Iklan melalui Banner, Televisi, Radio, dan lain-lain; (4) strategi proses produk KPR yang ada di BNI Syariah Cabang Fatmawati relatif mudah, proses selanjutnya mudah dan tidak bertele-tele; (5) Nilai- nilai syariah yang terkandung dalam produk KPR Griya iB Hasanah BNI Syariah dapat dilihat dari akad yang dilaksanakan di bank ini yaitu Mubararah dan Wakalah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Tia Mutiawati
Date Deposited: 14 Apr 2021 01:56
Last Modified: 08 Mar 2023 06:55
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item View Item