PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK TELADAN JAKARTA SELATAN
Azizah, Jamilah (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK TELADAN JAKARTA SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
Azizah Jamilah (2017510211).pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada diri manusia, terutama dalam karakter religius yang harus tertanamkan dalam peserta didik agar menjadi insan kamil dan memliki akhlak dan perilaku yang baik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di SMK TELADAN Jakarta Selatan. SMK Teladan merupakan sekolah yang bukan berlatar belakang agama, tetapi suasana religius tidak kalah dengan madrasah aliyah pada umumnya. Semua terbukti dengan adanya sholat berjamaah, tertibnya sholat dhuhur berjamaah, BTQ sebelum dilaksanakannya pembelajaran adanya kegiatan kultum secara bergiliran setiap habis sholat zuhur, rohis menjadi kegiatan rutin seminggu sekali. Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian ini membahasa peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius peserta didik di SMK Teladan jakarta selatan yaitu : pengajar, pendidik, teladan, pendorong keimanan, sumber belajar, fasilitator, pengelola kelas, pembimbing, motivator. Faktor pendukung : a. kurikulum kita sudah menggunakan kurtilas revsi 2017 b. faktor keluarga c. lingkungan sekitar sekolah dan tata tertib sekolah. d. lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. e. pendekatan guru kepada siswa. faktor penghambat : a. latar belakangnya dari keluarga broken home lalu pergaulan yang kurang bagus sesama teman. b. pengaruh yang sangat kuat dari para alumni c. sikap dan perilaku peserta didik d. niat peserta didik yang tidak baik saat awal masuk sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Yahya Yahya |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:56 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4581 |
Actions (login required)
View Item |