Video Pinkan-Pinba untuk Mengenalkan Perkalian dan Pembagian Dasar pada Anak Usia 7-8 Tahun
Astari, Tiara and Zamzam, Rohimi and Dewitasari, Natasha (2020) Video Pinkan-Pinba untuk Mengenalkan Perkalian dan Pembagian Dasar pada Anak Usia 7-8 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. pp. 169-180. ISSN 2745-6080
Text
450 - Published Version Download (15kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 telah merubah berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dalam aspek pendidikan. Sistem pembelajaran yang semula tatap muka kini berubah menjadi seacara daring. Zoom meeting merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk tetap dapat bertatap muka dalam melakukan pembelajaran meskipun secara virtual. Namun, tidak semua siswa dapat melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut karena kesibukan orang tua yang bekerja di luar rumah. Sehingga materi pembelajaran hanya dapat disampaikan melalui WhatsApp Group. Hal ini membuat para siswa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika. Maka, peneliti bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi perkalian dan pembagian dasar pada mata pelajaran matematika melalui video Pinkan-Pinba. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan video Pinkan-Pinba, siswa dapat lebih memahami materi perkalian dan pembagian terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dan frekuensi siswa yang tuntas atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal sejak pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan video Pinkan-Pinba dapat mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkalian dan pembagian dasar dalam mata pelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Early Childhood Education / Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) |
Depositing User: | Tiara Astari |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 00:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 00:41 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/3497 |
Actions (login required)
View Item |