Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring

Qurrotaini, Lativa (2020) Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1 (1). pp. 1-10. ISSN E-ISSN: 2745-6080

[img] Text
Prosiding semnaslit.pdf - Published Version

Download (250kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/artic...

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini sedang terjadi masa pandemik COVID-19 yang berdampak signifkan pada sektor Pendidikan di Indonesia, dampak yang terjadi terhadap sektor Pendidikan menerapkan penutupan sekolah dan pemerintah mengeluarkan surat edaran yang berisikan tentang kebijakan Pendidikan dalam masa transisi yaitu dengan dilakukannya pembelajaran daring, tidak terkecuali sekolah dasar. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yaitu hambatan yang bisa mengakibatkan kurang maksimalnya hasil dari proses pembelaajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor hambatan penerapan IPS SD pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah faktor hambatan penerapan IPS SD bagi guru antara lain faktor internal dan eksternal yang berupa pemberian materi yang tidak seleluasa saat pertemuan langsung, tidak adanya interaksi sosial, nilai karakter yang diinginkan sulit didapatkan seperti sifat kedewasaan, etika, moral, selama masa pandemik ini peserta didik tidak bisa melakukan pengamatan langsung seperti ke museum serta melakukan wawancara kepada narasumber untuk mendapatkan informasi terkait materi pelajaran. Dan Faktor hambatan bagi peserta didik antara lain saat kesulitan materi tidak bisa langsung bertemu yang mengakibatkan peserta didik menjadi kurang bersemangat dalam belajar dan saat kekurangan kuota untuk belajar. Serta berbagai hambatan yang dirasakan oleh guru, peserta didik maupun orang tua selama pembelajaran daring di masa pandemik COVID-19 ini, ada sisi positif maupun sisi negatif. Kata Kunci: Faktor hambatan, Penerapan IPS SD, Pembelajaran daring

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Lativa Qurrotaini
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:15
Last Modified: 26 Feb 2021 03:15
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item