REFLEKSI GURU DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN SISWA
Maman Hermawan, Cecep (2019) REFLEKSI GURU DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN SISWA. REFLEKSI GURU DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN SISWA, 4 (2). pp. 1-91.
Text
REFLEKSI GURU DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN.pdf - Published Version Download (466kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penelitian tindakan dan karya ilmiah yang dilaksanakan oleh guru hanya untuk memenuhi tuntutan kedinasan saja, bukan sebagai bagian dari refleksi diri ilmiah guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan penelitian tindakan guru. Metode yang digunakan adalah participatory action research yang terdiri dari diagnosis, tindakan, ukuran, dan refleksi. Berdasarkan temuan di lapangan, para guru akan lebih mudah melakukan penelitian tindakan dengan pola penelitian tindakan kelas yang ditunjukkan oleh peneliti. Sehingga penulisan penelitian tindakan kelas dapat dilakukan dengan baik dan mudah dilaksanakan oleh guru. Disimpulkan bahwa kesan sulitnya penelitian tindakan kelas akan berkurang jika para guru mulai memahami pola metode penelitian tindakan kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 09:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 09:16 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2364 |
Actions (login required)
View Item |