Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian Di Panti Asuhan Wima Karya Bakti Bojongsari.

Muhammad Faris Hermawan, Faris (2024) Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Keterampilan Dalam Meningkatkan Kemandirian Di Panti Asuhan Wima Karya Bakti Bojongsari. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. Orisinalitas.pdf

Download (95kB)
[img] Text
4. Persetujuan Pengesahan.pdf

Download (151kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (201kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (187kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (200kB)
[img] Text
10. Bab 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
11. Bab 2.pdf

Download (419kB)
[img] Text
12. Bab 3.pdf

Download (284kB)
[img] Text
13. Bab 4.pdf

Download (501kB)
[img] Text
14. Bab 5.pdf

Download (313kB)
[img] Text
15. Bab 6.pdf

Download (208kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, Juli 2024 Muhammad Faris Hermawan Npm 20200110100057 PEMBERDAYAAN ANAK YATIM MELALUI PROGRAM KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI PANTI ASUHAN WISMA KARYA BAKTI BOJONGSARI XVI+129 Halaman+3 Tabel+13 Gambar+13 Lampiran ABSTRAK Kehilangan orang tua di usia dini berdampak negatif pada perkembangan anak-anak, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial. Anak yatim sering menghadapi tantangan besar dalam masalah sosial sehingga tidak bisa mempersiapkan masa depan yang memadai, dengan pelatihan keterampilan yang bertujuan memberdayakan anak-anak yatim untuk masa depan yang lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program keterampilan dalam meningkatkan kemandirian anak yatim di panti asuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang berasal dari peserta atau anak yatim yang mengikuti pelatihan keterampilan di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti dan pengasuh. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode yang melibatkan langkah-langkah seperti bekerja dengan data, mengorganisir, memilah-milah, menyintesis, mengidentifikasi pola, menemukan informasi relevan, dan menentukan pokok-pokok penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program keterampilan yang dilakukan oleh Panti Asuhan Wisma Karya Bakti saat ini dengan menerapkan 3 Tahapan yang dilakukan dari tahap penyadaran sebagai tahap awal anak-anak yatim disadarkan tentang pentingnya memiliki keterampilan. Lalu tranformasi pengetahuan anak- anak yatim diberikan beberapa pelatihan keterampilan. Lalu terakhir peningkatan intelektual dan kecakapan keterampilan anak-anak yatim diberikan kesempatan untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari. Ketiga tahapan dalam pemberdayaan melalui keterampilan membantu mengembangkan potensi yang ada dalam diri anak-anak yatim dalam meningkatkan kemandiriannya. Daftar Pustaka: 26 Referensi (2000 – 2023) Kata Kunci: Pemberdayaan, Anak Yatim, Keterampilan FACULTY OF SOCIAL SCIENCE AND POLITICAL SCIENCE SOCIAL WELFARE STUDY PROGRAM Skripsi, Juli 2024 Muhammad Faris Hermawan Npm 20200110100057 XVI+129 Halaman+3 Tabel+13 Gambar+13 Lampiran ABSTRACT Losing parents at an early age has a negative impact on children's development, psychologically, emotionally and socially. Orphans often face great challenges in social problems so that they cannot prepare for an adequate future, with skills training aimed at empowering orphans for a more independent future. This study aims to determine the implementation of skills programs in increasing the independence of orphans in orphanages. The research method used is qualitative, with data coming from participants or orphans who take part in skills training at the Wisma Karya Bakti Orphanage and caregivers. The sample was taken using purposive technique as many as 7 people. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis is carried out by a method that involves steps such as working with data, organizing, sorting, synthesizing, identifying patterns, finding relevant information, and determining important points. The results showed that the implementation of the skills program carried out by the Wisma Karya Bakti Orphanage is currently implementing 3 stages carried out from the awareness stage as the initial stage of orphans being made aware of the importance of having skills. Then the transformation of knowledge orphans are given some skills training. Then finally increasing the intellectual and skill proficiency of the orphans is given the opportunity to apply the skills that have been learned. The three stages in empowerment through skills help develop the potential that exists within orphans in increasing their independence. References List: 26 References (2000 – 2023) Keywords: Empowerment, Orphans, Skills

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:04
Last Modified: 16 Jan 2025 07:04
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item