Dukungan Emosional Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Remaja Akhir Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1
Radysti Devania, Radysti (2024) Dukungan Emosional Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Bagi Remaja Akhir Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (39kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (152kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (337kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (235kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (87kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (170kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (259kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (118kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Download (346kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Download (205kB) |
|
Text
15. BAB 6.pdf Download (178kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
PROGRAM STUDI KESEJAHTERAAN SOSIAL Skripsi, Juli 2024 Radysti Devania NPM 20200110100064 DUKUNGAN EMOSIONAL PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI BAGI REMAJA AKHIR DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA TARUNA JAYA 1 XVI+137 Halaman+4 Tabel+3 Gambar+16 Lampiran ABSTRAK Setiap remaja memerlukan yang namanya kepercayaan diri, karena kepercayaan diri berperan penting dalam mengembangkan kepribadian dan keterampilan menjadi lebih baik. permasalahan yang mempengaruhi rasa kepercayaan diri remaja yang tinggal di panti sosial yaitu remaja memiliki sikap minder dan malu ketika tampil di muka umum, sering menyendiri, tidak konsentrasi dalam belajar, remaja tidak mau mengungkapkan pendapatnya hal ini akan mengakibatkan remaja menyesali keadaan tersebut. Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana dukungan emosional pengasuh dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja akhir lalu untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberian dukungan emosional pengasuh kepada remaja akhir. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dukungan emosional yang diberikan pengasuh dilihat dari empati yang konsisten, kepedulian yang tulus, perhatian yang responsif, dan penghargaan melalui pujian meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi remaja. Dorongan untuk partisipasi aktif dan tanggung jawab juga membantu remaja mengatasi ketakutan dan mengembangkan potensi. Faktor pendukung termasuk keterbukaan remaja terhadap nasihat, sementara penolakan terhadap bantuan menjadi faktor penghambat. Studi kasus menunjukkan bahwa dukungan emosional dan interaksi sosial positif secara signifikan meningkatkan kepercayaan diri, dengan perubahan positif yang terlihat pada remaja akhir di panti sosial bina remaja taruna jaya 1. Daftar Referensi : 20 Refrensi (2002-2017) Kata Kunci : Dukungan Emosional, Pengasuh, Kepercayaan diri, Remaja SCIENCE SOCIAL WELFARE STUDY PROGRAM Skripsi, Juli 2024 Radysti Devania NPM 20200110100064 EMOTIONAL SUPPORT OF CARERS IN INCREASING SELF- CONFIDENCE FOR LATE ADOLESCENTS AT THE BINA FOR ADOLESCENT SOCIAL PRIVATE TARUNA JAYA 1 XVI+137 Halaman+4 Tabel+3 Gambar+16 Lampiran ABSTRACT Every teenager needs something called self-confidence, because self-confidence plays an important role in developing personality and skills to be better. problems that affect the self-confidence of teenagers living in social institutions are teenagers who have an inferior and shy attitude when appearing in public, often alone, not concentrating on studying, teenagers do not want to express their opinions this will cause teenagers to regret the situation. The purpose of the study was to find out and describe how emotional support from caregivers increases the self-confidence of late adolescents and to find out the supporting factors and inhibiting factors in providing emotional support from caregivers to late adolescents. This research method uses a qualitative approach using data from observations, interviews, and documentation. The results of the study showed that emotional support provided by caregivers seen from consistent empathy, sincere concern, responsive attention, and appreciation through praise increased the self- confidence and motivation of adolescents. Encouragement for active participation and responsibility also helps adolescents overcome fears and develop potential. Supporting factors include adolescents' openness to advice, while rejection of help is an inhibiting factor. Case studies show that emotional support and positive social interactions significantly increase self-confidence, with positive changes seen in late adolescents at the Taruna Jaya 1 Youth Development Social Institution. Reference List: 20 References (2002-2017) Keywords: Emotional Support, Caregivers, Self-confidence, Adolescents
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 09:46 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 09:46 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21957 |
Actions (login required)
View Item |