TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN (STUDI PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KOTA TANGERANG)

ABDUL, HAMID ARRIBATHI (2022) TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN (STUDI PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ DAARUL QUR’AN KOTA TANGERANG). Disertasi (S3) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
Ringkasan Disertasi Hamid_Pembimbing.pdf - Published Version

Download (596kB)

Abstract

Secara umum, terdapat kesenjangan pesantren dan pesantren tahfidz al-Quran,antara lain: kepemimpinan, kurikulum dan pembelajaran, sarana prasarana, kualitas pendidik dan santri, pendidikan, tata kelola keuangan, dan hubungan masyarakat dengan pesantren. Dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana penerapan Total Quality Management di pesantren tahlidz al-Quran; 2) Bagaimana unsur-unsur Total Quality Management (TQM) dan Standar Nasional Pendidikan Edward Sallis terkait dengan pencapaian tujuan pembelajaran tahidz Alquran dan pembangunan berkelanjutan; 3) Bagaimana model Total Quality Management pesantren tahfidz al-Quran terutama unsur-unsur strategisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: l) Mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM) di pesantren tahfidz al-Qur'an; 2) Menjelaskan keterkaitan unsur-unsur Total Quality Management (TQM) dan Standar Nasional Pendidikan dalam pengembangan berkelanjutan untuk mencapai tujuan pembelajaran tahfidz al-Qur'an; 3) Merumuskan model Total Quality Management (TQM) pesantren tahfidz al-Qur'an, khususnya elemen strategis berdasarkan TQM Pendidikan versi Edward Sallis dalam rangka mewujudkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Lokasi penelitian dilakukan di sebuah pesantren modern di Pondok Pesantren Tahfldz Daarul Qur'an kota Tangerang, Banten, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen literatur, dan FGD (Focus Group Discussion). Sedangkan analisis data dalam pengambilan keputusan menggunakan Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara umum, penerapan TQM di pesantren tahlidz al-Qur'an dilakukan dengan benar sesuai standar unsur TQM dan fungsi manajemen; 2) Bahwa unsur-unsur TQM Edward Sallis dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dapat menjadi arah dan tujuan dalam meningkatkan kualitas tahfidz Al-Qur'an, pendidikan formal, bahasa, ilmu pengetahuan, dan teknologi; 3) Model Pesantren Tahtidz al-Qur'an lebih sederhana, hanya 8 unsur saja, antara lain: l) Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW; 2) Kurikulum dan pembelajaran yang terintegrasi; 3) Pendidik dan tenaga kependidikan yang berstandar Undang-Undang; 4) Peserta didik; 5) Sarana prasarana dengan standar nasional (UU); 6) Keuangan dan pembiayaan yang akuntabel; 7)Sinergitas antara pesantren dan masyarakat; 8) Orientasi pada kualitas dengan melakukan perbaikan terus menerus demi kebahagiaan dan kepuasan pelanggan. Adapun teori temuan: holistik-integratif dengan semua unsur TQM pesantren tahfidz al-Qur'an. Saran; 1) Agar pengelola pesantren tahlidz al-Qur'an dan unsur-unsur terkait melakukan pengembangan dan peningkatan penerapan TQM tahfdz al-Qur'an; 2) Sehingga ada penelitian lebih lanjut tentang peran lulusan Al-Qur'an tahfidz pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Disertasi (S3))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate Doctoral Program > S3 Doctoral of Islamic Education Management / Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:03
Last Modified: 22 Nov 2024 02:03
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/21899

Actions (login required)

View Item View Item