STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA DALAM PENGELOLAAN KRISIS KOMUNIKASI PADA KASUSDEPO PERTAMINA, PLUMPANG

SUMARNI, LILIK (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA DALAM PENGELOLAAN KRISIS KOMUNIKASI PADA KASUSDEPO PERTAMINA, PLUMPANG. HUMANUS (JURNAL SOSIOHUMANIORA NUSANTARA), 1 (2). pp. 218-225. ISSN 3031-0784

[img] Text
STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT PERTAMINA DALAM PENGELOLAAN KRISIS KOMUNIKASI PADA KASUSDEPO PERTAMINA, PLUMPANG.pdf

Download (265kB)
Official URL: https://jurnal.yp2n.org/index.php/humanus/article/...

Abstract

Tragedi kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpangpada Maret 2023 lalu menimbulkan adanya korban. Hal tersebut memakan korban jiwa dan luka-luka serta timbulnya kerusakan fasilitas dan kerugian lainnya. Dalam insiden ini, penyebab terjadinya kebakaran disebabkan oleh banyak faktor, yang jelas hal tersebut bermula dari bahan bakar minyak (BBM). Dalam menangani kasus ini PT Pertamina mengambil strategi dengan memberikan bantuan kesehatan, akomodasi, dan makanan serta melakukan konferensi pers pada tanggal 4 Maret 2023 dan siaran pers pada akun resmi Pertamina yang ditayangkandi laman resmi youtube pertamina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen krisis komunikasi Pertamina dalam isu kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menyatakan bahwa krisis terbakarnya Depo Plumpangtidak menurunkan reputasi dan kredibilitas PT Pertamina dikarenakan perusahaan berhasil menanamkan persepsi positif di mata masyarakat serta Public Relations Pertamina cukup tanggap dalam menangani kasusnya.Kata Kunci: Depo Plumpang, Krisis Komunikasi, PT Pertamina, Public RelationsAbstract The tragedy of the fire that occurred at the Pertamina PlumpangDepot in March 2023 resulted in casualties. This incident claimed lives, caused injuries, and led to facility damage and other losses. The root cause of the fire was attributed to various factors, primarily stemming from the use of petroleum products. In responding to this incident, PT Pertamina implemented a strategy that involved providing health assistance, accommodation, and food. Additionally, the company held a press conference on March 4th 2023, and issued press releases through Pertamina's official YouTube channel. The objective of this research is to understand how Pertamina's crisis communication management unfolded during the Pertamina PlumpangDepot fire issue. The research employed a qualitative method with descriptive analysis. The findings and discussions in this study indicate that the PlumpangDepot fire crisis did not significantly damage the reputation and credibility of PT Pertamina. This was because the company successfully instilled a positive perception among the public, and Pertamina's Public Relations demonstrated responsiveness in handling the case.Keywords: Plumpang Depot, Communication Crisis, PT Pertamina, Public RelationsCopyright © 2024Author. All rights reserved

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lilik Sumarni
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:45
Last Modified: 13 Aug 2024 04:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item