HUBUNGAN PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE DAN FAKTOR LAINNYA DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POSTPARTUM PADA IBU BERSALIN DI RSUD KOJA PERIODE JANUARI – DESEMBER 2022

Mei, Sri Supriyanti (2023) HUBUNGAN PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE DAN FAKTOR LAINNYA DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POSTPARTUM PADA IBU BERSALIN DI RSUD KOJA PERIODE JANUARI – DESEMBER 2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
MEI SRI SUPRIYANTI_0001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pelayanan ANC merujuk pada layanan menyeluruh dan terpadu yang diberikan di fasilitas kesehatan oleh tenaga kesehatan sebelum kelahiran. Pemeriksaan ini mencakup upaya dalam peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan, dan melakukan pemulihan. Penyebab utama kematian ibu adalah infeksi, preeklamsi dan perdarahan. Faktor penyebab tersebut bisa di deteksi saat kehamilan jika dilakukan pemeriksaan ANC. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan pemeriksaan ANC dan faktor lainnya dengan kejadian perdarahan postpartum pada ibu bersalin. Metode: Desain penelitian menggunakan deskriptif chi square dengan pendekatan cross sectional, data diambil menggunakan rekap medik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 57 ibu bersalin yang mengalami perdarahan postpartum, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan mayoritas ibu mengalami perdarahan postpartum primer sebesar 70,2 %, mayoritas ibu melakukan pemeriksan antenatal care <6x sebesar 75,4% dan mayoritas ibu mengalami anemia sebesar 64,9%. Berdasarkan uji chi square diperoleh hasil yang siginifikan antara pemeriksaan ANC (p=0,017) (OR 95% CI 0,199 (0,055-0,720) dan anemia (p=0,001) (OR 95% CI 9,600 (2,618-35,207) dengan kejadian perdarahan postpartum. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pemeriksaan ANC dan faktor lainnya (Anemia) dengan kejadian perdarahan postpartum pada ibu bersalin. Saran: Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur minimal 6x dan memperbaiki asupan sumber zat besi, untuk mendeteksi adanya masalah pada kehamilan sedini mungkin dan mempersiapkan persalinan yang sehat bagi ibu dan bayi. Kata kunci: Anemia, Pemeriksaan Antenatal Care, Perdarahan Postpartum.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine and Health > S1 Midwifery / Kebidanan
Depositing User: akademik S1bidan FKKUMJ
Date Deposited: 26 Jul 2024 10:16
Last Modified: 26 Jul 2024 10:16
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item