PENGARUH PROFESIONALISME, PENGALAMAN AUDITOR DAN PERTIMBANGAN MATERIALITAS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT LAPORAN KEUANGAN :INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Jakarta)

Indra, Prasetyo (2023) PENGARUH PROFESIONALISME, PENGALAMAN AUDITOR DAN PERTIMBANGAN MATERIALITAS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT LAPORAN KEUANGAN :INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Jakarta). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
INDRA PRASETYO-2019950016.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan dan tujuan dari penelitian ini untuk melihat secara luas dampak atau pengaruh baik dari profesionalisme, pengalaman auditor dan pertimbangan materialitas terhadap pemberian opini audit. Selain itu untuk mengetahui apakah dengan independensi dijadikan variabel moderasi yang digunakan dalam penelitian dapat memoderasi profesionalisme terhadap pemberian opini audit, serta untuk dapat mengetahui apakah independensi dapat memoderasi pengalaman auditor terhadap opini audit. dan apakah variabel independensi dapat memoderasi pertimbangan materialitas terhadap pemberian opini audit laporan keuangan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan berlandaskan positivisme. kemudian sampel dan populasi dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Lebih lanjut data yang digunakan yang ada dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dengan pengukuran skala Likert kepada sampel yang akan dipilih dalam populasi yang ada. Kemudian dari data yang diperoleh tersebut diolah menggunakan WarpPLS 7 (2023) Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel profesionalisme dan pertimbangan materialitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit laporan keuangan. Dan pengalaman auditor berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pemberian opini audit, serta pertimbangan materialitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit laporan keuangan. Dan untuk hasil independensi sebagai moderasi, dimana penelitian ini menunjukan bahwa independensi tidak dapat memoderasi pengaruh profesionalisme terhadap pemberian opini audit, independensi tidak dapat memoderasi pengaruh profesionalisme dan pengalaman auditor terhadap pemberian opini audit. Serta independensi tidak dapat memoderasi pertimbangan materialitas terhadap pemberian opini audit laporan keuangan. Kata kunci: Profesionalisme, Pengalaman Auditor, Pertimbangan Materialitas, Opini Audit, Independensi.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 04 Feb 2024 13:32
Last Modified: 04 Feb 2024 13:32
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item