MENELAAH PERSEPSI PONDOK PESANTREN TENTANG BANK SYARIAH (STUDI PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AR-RAHMAN)

DHEA, PUSPA AYU NANDA (2023) MENELAAH PERSEPSI PONDOK PESANTREN TENTANG BANK SYARIAH (STUDI PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AR-RAHMAN). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SKRIPSI-2019330005-DHEA PUSPA AYU NANDA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren adalah salah satu komponen strategis untuk perkembangan perbankan syariah di Indonesia, yang diharapkan turut berpartisipasi untuk kemajuan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi internal dan Eksternal pondok pesantren, terdapat tiga faktor internal diantaranya fisiologis, minat, dan kebutuhan yang searah dan 3 faktor eksternal diantaranya keunikan dan kekontrasan stimulus, intensitas dan kekuatan dari stimulus, dan motion atau gerakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretif, dengan sumber data primer, dimana peneliti melakukan wawancara secara langsung kepada ketua yayasan, bendahara, ustadz dan dua santri.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi persepsi diantaranya Fisiologis, setiap informan mempunyai cara yang berbeda dalam menerima informasi, baik itu melalui indra pendengaran,indra penglihatan, maupun gabungan antara indra pendengaran dan penglihatan.Kemudian, Minat mayoritas berminat menjadi nasabah bank syariah dan Kebutuhan yang searah, sebagian besar dari informan mempunyai kebutuhan terhadap bank syariah, baik yang belum maupun sudah menjadi nasabah,tujuannya adalah untuk kegiatan sehari-hari, kebutuhan ini didasarkan pada berbagai persepsi. Berikutnya, untuk faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi diantaranya Keunikan dan kekontrasan stimulus, sebagian besar mempunyai persepsi bahwa terdapat perbedaan antara bagi hasil dan bunga. Selanjutnya,Intensitas dan kekuatan dari stimulus bahwa bank syariah belum pernah melakukan sosialisasi secara langsung di Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Rahman, dan Motion atau Gerakan, pergerakan yang dimaksud adalah seberapa terkenalnya bank syariah, mayoritas belum mengenal bank syariah seutuhnya, sebagian hanya mengetahui dan mengenal produk yang tersedia tetapi belum mencakup secara keseluruhan, meskipun sebagian besar belum mempunyai pemahaman secara detail, namun mayoritas mempunyai persepsi yang positif kepada bank syariah.Kata Kunci: Bank Syariah, Persepsi, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Sharia Economics / Ekonomi Islam
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:13
Last Modified: 11 Dec 2023 04:13
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item