Efektivitas Bahan Instruksional Pendidikan Agama Islam

Suradika, Agus and Winata, Widia and Wicaksono, Dirgantara and Rifqiyati, Rifqiyati (2020) Efektivitas Bahan Instruksional Pendidikan Agama Islam. Jurnal Instruksional, 1 (2). pp. 98-110. ISSN 2685-5645

[img] Text (Efektivitas Bahan Instruksional Pendidikan Agama Islam)
6256-15234-1-PB.pdf - Published Version

Download (270kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/a...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan instruksional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Eksperimen dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta selama semester genap tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan eksperimen acak dengan dua kelompok mahasiswa. Sampel sebanyak 60 mahasiswa yang dipilih secara random yaitu 30 mahasiswa untuk bahan instruksional Mandiri dan 30 mahasiswa untuk PBS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa bahan instruksional Mandiri sebesar ( = 81,37) menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan PBS yakni sebesar ( = 77,39).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahan instruksional, bahan instruksional Mandiri, bahan instruksional PBS, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S2 Master of Technology Education / Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Dr Widia Winata
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:48
Last Modified: 28 Aug 2020 05:48
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item