MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH ULUJAMI JAKARTA SELATAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT
ABDUL, BASIT MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH ULUJAMI JAKARTA SELATAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT. [Lampiran BKD]
Text
DISERTASI ABDUL BASIT.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kualitas manajemen pondok pesantern Darunnajah Ulujami dengan penerapan total quality management. Penelitian ini diawali dengan melihat Pesantren Darunnajah sebagai Lembaga Pendidikan berbasis pesantren yang sudah mapan dan eksis di Jakarta kota metropolitan. Darunnajah telah meluluskan ribuan alumni tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai macam profesi dan jabatan baik di instansi Negri atau Swasta. Saat ini para santri Darunnajah sudah berhasil menoreh prestasi Internasional baik pada ilmu terapan atau ketrampilan. Selanjutnya penelitian difokuskan pada keseriusan pengeglola meningkatkan manajemen kualitas pesantren dalam perspektif TQM pendidikan Edward Sallis terhadap empat unsur pendidikan dalam pesantren yaitu Peserta didik,Tenaga Pendidik, Tenaga kependidikan, dan Kepala Biro Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu pertama; data priemer di peroleh melaui pengamatan lapangan, observasi, wawancara terstruktur dan non struktur.Kedua; data sekunder seperti dokumen, alumni, seminar, sumber bacaan terkait, media elektronika dan bahan perkuliahan. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan triangulasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Setelah melalui studi pendahuluan, dipilih Pesantren Darunnajah Pusat Ulujami Jakarta Selatan. Hasil penelitian mengungkapkan : 1) Peningkatakan kualitas manajemen terus meningkat indikasinya semakin meningkat jumlah santri, 2) Keseriusan Darunnajah Meningkatkan manajemen institusi melaui TQM semakin dirasakan semua pihak seperti; (a) Kualitas Pendidik (b) SDM Karyawan (c) Sarana dan prasarana pondok terus membaik. 3) Usaha Darunnajah mengimplementasikan Total Quality Management di semua bagian terus dalam proses peningkatan 4) transparansi dan akuntabilitas Darunnajah sudah baik 5) Partisipasi masyarakat, alumni, stakeholder,pengusaha pejabat dalam dan luar negri terus digalang pihak Yayasan. Hal ini diindikasikan tingginya perhatian mereka untuk meningkatkan prestasi santri dengan memberikan bantuan baik dalam bentuk material atau finansial
Item Type: | Lampiran BKD |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:42 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:42 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/12875 |
Actions (login required)
View Item |