KINERJA RUAS JALAN DI JALAN RAYA BINTARA, BEKASI
Pungky, Tarisah Pmungkas (2022) KINERJA RUAS JALAN DI JALAN RAYA BINTARA, BEKASI. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.
Text
2018410029_Bagian Awal.docx Download (476kB) |
|
Text
2018410029_Bagian Isi.docx Download (2MB) |
Abstract
Jalan Raya Bintara merupakan salah satu jalan yang memiliki jalan dengan 2 lajur 2 arah mengarah ke Pondok Kopi Jakarta Timur dan Jalan Patriot Bekasi, jalan yang sering terjadi kemacetan karena kondisi lingkungan merupakan daerah pertokoan, tempat pengisian bahan bakar bensin serta pemukiman padat penduduk sehingga menurunkan kinerja ruas jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja jalan pada ruas Jalan Raya Bintara. Ruas jalan yang ditinjau hanya sepanjang 1,1 km dan lebar jalur 6 m dengan menggunakan metode penelitian bersumber dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Data primer yang dibutuhkan yaitu volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan arus dasar, kecepatan rata-rata dan waktu tempuh. Data sekunder berupa peta lokasi dan jumlah penduduk kota bekasi. Pengolahan data didapat pada survey arus lalu lintas dan jumlah kendaraan yang melintas pada jalan tersebut pada volume puncak sebesar 2544 smp/jam dengan kapasitas 2169,8 Smp/jam, DS sebesar 1,17, kecepatan arus bebas dasar 33,54 km/jam, kecepatan rata-rata 10 km/jam dengan waktu tempuh 6,6 menit. Untuk mengurangi kemacetan perlu dilakukan perbaikan manajemen lalu lintas menggunakan alternatif sistem ganjil – genap didapatkan nilai DS menjadi 0,94 , kecepatan rata-rata 20 km/jam dan waktu tempuh 3,3 menit demikian dengan menggunakan alternatif sistem Electronic Road Price (ERP) didapatkan nilai DS 0,82 , kecepatan rata-rata 25 km/jam dan waktu tempuh 2,64 menit. Dengan memakai alternatif sistem Electronic Road Price (ERP) pada ruas Jalan Raya Bintara maka dapat memperbaiki kinerja ruas jalan. Kata Kunci : Jalan, Kemacetan, Kinerja Ruas Jalan. ABSTRACT Raya Bintara street is one of the roads that has a 2-lane 2-way road leading to Pondok Kopi, East Jakarta, and Jalan Patriot Bekasi, roads that often experience traffic jams because of environmental conditions are shopping areas, petrol stations, densely populated settlements, thereby reducing performance. roads. The purpose of this study was to determine the performance of the road on Raya Bintara street. The road section reviewed is only 1.1 km long and 6 m wide using research methods sourced from the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI, 1997). The primary data needed are traffic volume, capacity, degree of saturation, base flow speed, average speed, and travel time. Secondary data in the form of a map of the location and population of the city of Bekasi. Data processing was obtained from the traffic flow survey and the number of vehicles passing on the road at a peak volume of 2544 smp/hour with a capacity of 2169.8 smp/hour, DS 1.17, the basic free flow speed of 33.54 km/hour, an average speed of 10 km /hour with a travel time of 6.6 minutes. To reduce congestion, it is necessary to improve traffic management using an alternative odd-even system, the DS value is 0.94, the average speed is 20 km/hour and the travel time is 3.3 minutes. DS value is 0.82, the average speed is 25 km /hour and the travel time is 2.64 minutes. Using an alternative Electronic Road Price (ERP) system on Raya Bintara street for secsectioned performance. Keywords: Road, Congestion, Road Performance
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Civil Engineering / Teknik Sipil |
Depositing User: | Pungky Tarisah Pamungkas |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 02:13 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 02:13 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/11736 |
Actions (login required)
View Item |