Implementasi Peraturan Gubernur DKI Jakarta Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Di Kota Administrasi Jakarta Selatan

Ihda’Ahmad Rizqi, Ihda (2022) Implementasi Peraturan Gubernur DKI Jakarta Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (214kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (554kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (715kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : IHDA’AHMAD RIZQI Program Studi : Administrasi Publik Judul : Implementasi Peraturan Gubernur DKI Jakarta Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Di Kota Administrasi Jakarta Selatan Jumlah Halaman : 105 Halaman Setiap pemberian jaminan pelayanan atas hak yang dimiliki oleh seluruh masyarakat, dimana setiap individu harus terlebih dahulu memiliki bukti tertulis berupa dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk. Dalam pelayanan administrasi kependudukan di kota Jakarta Selatan ditemukan keterlambatan dalam menerbitkan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Banyak masyarakat yang menerima dokumen kependudukannya dengan tidak tepat waktu, mengingat dokumen kependudukan merupakan bagian penting sebagai identitas yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan adanya permasalahan tersebut ditetapkan Peraturan Gubernur Nomor 110 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan untuk upaya meningkatkan percepatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis implementasi peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di kota Jakarta Selatan. Teori penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dalam model George Edwards III. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari 4 (empat) indikator bahwa komunikasi perlu dilakukan sosialisasi lebih masif karena banyak masyarakat tidak mengetahui terkait mekanisme dalam pelayanan administrasi kependudukan. Sumber Daya, sudah cukup memadai dari jumlah petugas yang ada, namun perlu ditingkatkan pengawasan karena masih ditemukan petugas yang tidak responsif. Disposisi, penyampaian tugas sudah cukup baik sesuai dengan isi perintah dalam kebijakan. Struktur Birokrasi, seluruh pelayanan telah dilakukan sesuai dengan SOP. Saran dari penelitian ini adalah sosialisasi harus ditingkatkan secara masif dan dibuatkan suatu jaminan untuk masyarakat berupa pelayanan yang cepat dalam setiap membuat dokumen kependudukan. Kata Kunci : Implementasi, Peraturan Gubernur, Administrasi Kependudukan Refrensi : 19 Buku Pembimbing : Nida Handayani, S.IP, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Public Administration Science / Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:54
Last Modified: 01 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item