Pendampingan IKM dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial

zebua, winda dwi astuti and Nadila, Nadila (2021) Pendampingan IKM dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial. Pendampingan IKM dalam Promosi Usaha Melalui Media Sosial. pp. 1-6. ISSN 2714-6286

[img] Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (666kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/index

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia semakin pesat begitu juga yang terjadi di Indonesia, hal ini memberikan berbagai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satu bukti nyata perkembangan teknologi adalah menjamurnya pengguna media sosial di masyarakat, mulai dari anak balita hingga orang yang lanjut usia. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat dari penggunaan media sosial seperti, sumber informasi, sarana komunikasi dengan berbagai orang diseluru penjuru dunia, sarana hiburan, media penelitian, bahkan untuk media berdagang dan berbisnis. Berkaitan dengan kondisi pandemi seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu primadona bagi kalangan bisnis, bahkan banyak bermunculan pebisnis baru yang memang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahanya sebagai bentuk pertahanan hidup dalam masa sulit seperti sekarang. Meningkatnya aktivitas usaha atau perdagangan melalui media sosial, tidak lepas dari keunikan dari karakteristik yang dimiliki oleh media sosial itu sendiri. Meskipun angka penggunaan media sosial sebagai media promosi usaha meningkat di masa pandemi ini, akan tetapi masih banyak juga masyarakat yang awam dan belum lihai memanfaatkan media sosial untuk berjualan atau berbisnis, meskipun hanya dalam skala kecil atau rumahan. Oleh karena itu program pengabdian masyarkat ini adalah pendampingan pada IKM (Industri Kecil Menengah) untuk mengedukasi pengunaan atau pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien. Metode yang dilaksanakan adalah dengan melakukan pendampingan langsung kepada IKM tentang bagaimana cara mempromosikan usaha melalui media sosial agar lebih produk atau usaha mereka mudah dikenal dan diterima oleh masyarakat khususnya para pengguna media sosial lainnya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: Winda Dwi Astuti Zebua
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:25
Last Modified: 27 Sep 2022 03:25
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item View Item