INSTAGRAM SALURAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM WALIKOTA TANGERANG DALAM MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Akun Instagram Walikota Tangerang Arief Wismansyah)
Anie, Maryanie (2021) INSTAGRAM SALURAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM WALIKOTA TANGERANG DALAM MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Akun Instagram Walikota Tangerang Arief Wismansyah). Thesis (S2) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN TESIS.pdf - Published Version Download (30kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
4. LEMBAR KEASLIAN TESIS.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (15kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (31kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (5kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (13kB) |
|
Text
12. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf - Published Version Download (498kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
18. BAB V.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (324kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Anie Maryanie Nama Program Studi : Magister Ilmu Komunikasi Judul : Instagram Saluran Komunikasi Politik Dalam Walikota Tangerang Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Pada Akun Instagram Walikota Tangerang Arief Wismansyah) Pembimbing : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si. Ringkasan : Instagram merupakan salah satu hasil dari keberhasilan teknologi komunikasi yang telah menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat. Masifnya penggunaan Instagram di masyarakat Indonesia memberikan potensi bagi berjalannya penyelenggaraan komunikasi politik bagi seorang pejabat public wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dalam hal ini turut berpartisipasi dalam pemanfaatan Instagram sebagai salah satu saluran komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang penyajian media sosial yang teraplikasikan pada Instagram Arief Wismansyah dalam menyelenggarakan komunikasi politiknya kemudian, teori peluang penyajian media sosial oleh Jacobs dan Spierings digunakan untuk menganalisis keberhasilan Walikota Tangerang dalam memaksimalkan platform media sosialnya. Untuk mengetahui hal tersebut, metode studi kasus berpendekatan kualititatif yang dianalisis secara deskriptif digunakan untuk menemukan temuan berdasarkan hasil wawancara kepada Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah beserta pengikutnya di Instagram Observasi akun media sosial Instagram Arief Wismansyah dilakukan sebagai acuan pendukung atas data. Hasil penelitian yang ditemukan Walikota Tangerang Arief Wismansyah berhasil memanfaatkan Instagram sebagai alat komunikasi politik melalui penyelenggaraan media sosial yang informatif untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan Kota Tangerang. Upaya itu juga turut membangun persepsi yang memuat dukungan masyarakat pengikutnya berdasarkan postingan yang terdapat di akunnya. ABSTRACT Name : Anie Maryanie Program of Study : Magister Ilmu Komunikasi Tittle : Instagram Political Communication Channels In The Mayor Of Tangerang In Forming Community Perception (Case Study On Tangerang Mayor Arief Wismansyah's Instagram Account) Supervisor : Dr. Aminah Swarnawati, M.Si. Summary : Instagram is one of the results of the success of communication technology which has become part of people's social life. The massive use of Instagram in Indonesian society provides the potential for the implementation of political communication for public officials, the mayor of Tangerang, Arief Wismansyah, to participate in the use of Instagram as a communication channel. This study aims to find out the opportunities for presenting social media applied to Arief Wismansyah's Instagram in carrying out his political communication. Then, the theory of social media presentation opportunities by Jacobs and Spierings is used to analyze the success of the Mayor of Tangerang in maximizing his social media platform. To find out, the case study method with a qualitative approach was analyzed descriptively to find findings based on the results of interviews with the Mayor of Tangerang Arief Wismansyah and his followers on Instagram. The results of the research found by the Mayor of Tangerang, Arief Wismansyah, succeeded in using Instagram as a political communication tool through informative social media to support the administration of the Tangerang City government. This effort also helps to build a perception that supports the support of the community of his followers based on the posts contained in his account.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 09:25 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8706 |
Actions (login required)
View Item |