DESAIN PRAKTIKUM QIRAAH, IBADAH, DAN KITABAH BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Winata, Widia and Hayun, Muhammad (2021) DESAIN PRAKTIKUM QIRAAH, IBADAH, DAN KITABAH BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. MAJELIS PENDIDIKAN TINGGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH 2021.

[img] Text
Widia_Winata-RisetMu-Revisi.pdf

Download (568kB)

Abstract

Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Selama masa pandemi covid-19 mata kuliah ini diajarkan secara daring oleh para dosen dengan menggunakan satu media yakni zoom meeting. Untuk mengumpulkan tugas akhir, dosen menggunakan google drive karena padatnya data yang dikirimkan tidak cukup hanya melalui email saja. Hal inipun sulit bagi dosen untuk melihat bagaimana ketercapaian belajar mahasiswa, apalagi ibadah yang mengharuskan mempraktekkan gerakan secara benar. Jika mata kuliah lain menggunakan sistem e-Campus yang dikoordinasikan oleh fakultas, maka mata kuliah ini tidak masuk ke dalam sistem e-Campus karena tidak memiliki sks atau sks 0. Akibatnya proses pembelajaran tidak terkoordinir dengan baik. Selama proses pembelajaran daring, tidak ada panduan yang digunakan secara seragam oleh para dosen. Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah juga belum memiliki bahan ajar atau modul yang mampuni sesuai dengan kebutuhan mahasiswa per program studi. Selama ini dosen mengambil bahan secara acak dari tarjih Muhammadiyah yang ada. Oleh karena itu perlu didesain Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) agar semua aktivitas pembelajaran dapat terkoordinir dalam satu sistem atau Learning Management System (LMS). Hal ini sesuai dengan perkembangan terkini kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan merdeka belajar di kampus. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan desain Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah berbasis blended learning yang sesuai dengan arahan MBKM dengan cara mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah selama masa pendemi covid-19 (khususnya Semester Ganjil 2020/2021). Jangka panjang desain tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dan dosen di FIP UMJ dalam mata kuliah Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah untuk Semester Ganjil Tahun 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dalam bentuk google form. Analisa data dilakukan dengan tahapan menyajikan data, mereduksi data, dan menverifikasi data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, sharing pakar, triangulasi data, dan publikasi. Subjek yang menjadi sumber data berasal dari unsur dosen, mahasiswa, pimpinan fakultas, dan bidang Al Islam Kemuhammadiyahan. Dosen pengampu mata kuliah Praktikum Qiraah, Ibadah, dan Kitabah sebanyak 44 orang dosen, mahasiswa sebanyak 38 mahasiswa (3 kelompok), pimpinan fakultas (dekan dan wadek 4), Ketua Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan. Masa penelitian berlangsung sejak Agustus 2021 sampai dengan Maret 2022. Luaran yang dihasilkan berupa artikel jurnal Sinta 3 (Jurnal Teknodik). Kata Kunci: praktikum qiraah, ibadah, dan kitabah, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Learning Management System, blended learning, kualitatif

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Educational Sciences / Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Primary School Teacher Education / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Muhammad Hayun
Date Deposited: 29 Nov 2021 01:19
Last Modified: 29 Nov 2021 01:19
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item