Laporan Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Pemahaman Pendidikan Antikekerasan Seksual Melalui Kegiatan Parenting bagi Warga Ranting Aisyiyah Cirendeu Tangerang Selatan Banten
Sa’diyah, Rika and Kurniawan, Kurniawan and Nurfauziah, Rifki (2020) Laporan Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Pemahaman Pendidikan Antikekerasan Seksual Melalui Kegiatan Parenting bagi Warga Ranting Aisyiyah Cirendeu Tangerang Selatan Banten. Laporan Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Pemahaman Pendidikan Antikekerasan Seksual Melalui Kegiatan Parenting bagi Warga Ranting Aisyiyah Cirendeu Tangerang Selatan Banten.
Text
Laporan LENGKAP Pendidikan Anti Kekerasan Seksual 2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Saat ini kasus kekerasan seksual pada anak marak terjadi di berbagai tempat. Dua pertiga terjadi dalam lingkungan keluarga atau sekelilingnya dan 75% korbannya adalah anak-anak perempuan. Hal ini akan berdampak pada kondisi psikis dan fisik anak hingga dewasa kelak. Lemahnya sanksi hukum bagi para pelaku kejahatan seksual dan pengawasan orang tua menjadi salah satu faktor penyebabnya. Cirendeu merupakan salah satu tempat terjadinya kasus pelecehan seksual pada anak yang berada di kelurahan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Kondisi masyarakat yang acuh terhadap lingkungan sekitar dan minimnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan seks pada anak usia dini menjadi alasan untuk dilakukannya kegiatan parenting sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, beberapa upaya penanggulangan seperti pemutaran video dokumenter tentang bahaya kejahatan seksual pada anak, penyuluhan anti kejahatan/kekerasan seks, pengetahuan tentang deteksi dini pedofil, termasuk peningkatan fungsi keluarga dan pembinaan terhadap orang tua dalam tumbuh kembang anak serta cara menjalin kedekatan emosi dan komunikasi dengan anak akan menjadi bahan perlakuan yang diberikan pada orang tua dalam kegiatan parenting.Metode pelaksanaan pendidikan anti kekerasan seksual berupa penyuluhan dan pelatihan yang bertumpu pada prinsip-prinsip bahwa pemberdayaan adalah proses kolaboratif sehingga dalam pelaksanaanya harus melibatkan masyarakat sebagai partner. Oleh karena itu, masyarakat harus berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Tingkat kesadaran masyarakat juga merupakan kunci keberhasilan pemberdayaan karena pengetahuan dapat memobilisasi tindakan bagi suatu perubahan yang diharapkan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:32 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
View Item |