PENGENDALIAN MANAJEMEN BERBASIS BUDAYA “YATHUM URE, YAWERUM KELLIR”: STUDI ETNOGRAFI

Saepul, Anwar (2022) PENGENDALIAN MANAJEMEN BERBASIS BUDAYA “YATHUM URE, YAWERUM KELLIR”: STUDI ETNOGRAFI. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
SAEPUL ANWAR-2019950002.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Sistem Pengendalian manajemen merupakan salah satu isu strategis akuntansi yang berkaitan dengan isu manajemen organisasi dan operasional perusahaan, dalam pelaksanaannya pengendalian manajemen disesuaikan dengan konteks budaya dan struktur perusahaan, hal ini karena pengendalian manajemen dan budaya memiliki keterikatan satu sama lain yang sangat kuat. diantara bentuk pengendalian manajemen yang dibutuhkan organiasi saat ini adalah melalui pendekatan pengendalian budaya, Penelitian ini mengangkat tema pengendalian manajemen berbasis yathum ure, yawerum kellir yang diterapkan pada perusahaan etnis India melalui pendekatan kualitatif Etnografi dan paradigma kritis. Peneliti mengeksplorasi bagaimana makna, nilai dan desain yang terkandung pada pengendalian manajemen berdasarkan filosofi Budaya Yathum Ure Yawerum Kellir,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pengendalian berbasis budaya yathum ure, yawerum kellir mengandung makna dan penerapan pengendalian manajemen berdasarkan: nilai disiplin (anushaasan), nilai kasih sayang dan kekeluargaan (pyaar aur parivaar), serta Nilai kejujuran (eemaanadaaree aur vishvaas). Komponen ketiga nilai tersebut merupakan unsur pengendalian budaya berdasarkan nilai-nilai filosofi Yathum Ure Yawerum Kellir, Nilai-nilai yang terkandung pada filosofi ini merupakan nilai mendasar yang sifatnya fundamental menjadi landasan perancangan strategi pengendalian manajemen berbasis budaya pada perusahaan. Kata kunci: Pengendalian manajemen, yathum ure, yawerum kellir, Etnografi.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 04 Feb 2024 16:00
Last Modified: 04 Feb 2024 16:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18160

Actions (login required)

View Item View Item