STUDI FENOMENOLOGI AKUNTABILITAS BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU SEBAGAI PENGELOLA KEUANGAN NEGARA

DINA, MARIYANA (2021) STUDI FENOMENOLOGI AKUNTABILITAS BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU SEBAGAI PENGELOLA KEUANGAN NEGARA. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
DINA MARIYANA-2017950030.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntabilitas publik menjadi penting pada setiap satuan kerja pemerintah. Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) merupakan unit penting dari satuan kerja untuk melaksanakan pembayaran kegiatan kepada pihak lain. Sebagai satu unit Bendahara Pengeluaran, BPP secara aktif berinteraksi secara sosial dengan berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan memahami interaksi dan motif tindakan berdasarkan pengalaman BPP dalam mengelola keuangan yang memenuhi prinsip akuntabilitas. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi sosiologi Alfred Schutz. Data dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada lima orang BPP yang bekerja pada Perguruan Tinggi Jarak Jauh. Karena dilakukan pada masa pandemi Covid-19 wawancara dilakukan melalui telepon dengan pertanyaan tidak terstruktur. Pengalaman BPP dalam mengelola keuangan dengan prinsip akuntabilitas direduksi, dipilah, dan dirangkum menggunakan teknik Miles dan Hubermen. Temuan ini kemudian diinterpretasi menggunakan konsep sosialitas Schutz, yaitu interaksi sosial dan motif tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa para BPP dalam mencapai akuntabilitas pengelolaan keuangan melalui sosialitas dalam motif tindakan dan interaksi sosial. Motif tindakan dilakukan dengan kejujuran, ketelitian dan kehati-hatian dalam tindakan menerima, membayarkan dan mempertanggungjawabkan atas dana yang dikelolanya agar tidak ada penyimpangan dan sesuai dengan kebijakan, ketentuan/peraturan yang berlaku. Sedangkan interaksi sosial dilakukan dengan pihak pihak yang berkepentingan dan berkaitan langsung seperti rekan kerja, Bank, supplier dan mahasiswa. Karena pada dasarnya akuntabilitas menjalin keterhubungan dengan semua pihak yang berelasi dengan entitas. Kata kunci : Akuntabilitas, Bendahara Pengeluaran Pembantu, Pengelolaan keuangan, Sosialitas, Fenomenologi Schutz.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 04 Feb 2024 14:51
Last Modified: 04 Feb 2024 14:51
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18154

Actions (login required)

View Item View Item