PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP BUDGETARY SLACK DAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN ASIMETRI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empirik pada PT Bukit Makmur Mandiri Utama)

Ahmad, Prabawanto (2023) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP BUDGETARY SLACK DAN KINERJA MANAJERIAL DENGAN ASIMETRI INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empirik pada PT Bukit Makmur Mandiri Utama). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
AHMAD PRABAWANTO-20200320200004.pdf - Published Version

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack dan kinerja manajerial dengan asimetri informasi sebagai variabel moderasi (Studi Empirik pada PT Bukit Makmur Mandiri Utama). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas dengan jenis sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan PT Bukit Makmur Mandiri Utama. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah karyawan dengan jabatan supervisor, superintendent, dan manajer. Jumlah sampel yang dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 karyawan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PLS (Partial Least Squares) menggunakan SmartPLS Versi 3.2. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel partisipasi anggaran berpengaruh signifikan negatif terhadap budgetary slack, asimetri Informasi berpengaruh signifikan positif terhadap budgetary slack, namun asimetri informasi tidak dapat memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack. Sedangkan variabel budgetary slack berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja manajerial, partisipasi anggaran berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial dan budgetary slack tidak dapat memediasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial. Kata kunci: Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi, Budgetary Slack, dan Kinerja Manajerial.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business / Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Master of Accounting / Magister Akuntansi
Depositing User: S.Ip Tia Mutiawati
Date Deposited: 04 Feb 2024 14:26
Last Modified: 04 Feb 2024 14:26
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item