Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Untuk Meningkatkan Kemandirian Melalui Keterampilan Tata Boga Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Angkatan 2022-2023
Cindy Tharisca Sukma, Cindy (2023) Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Untuk Meningkatkan Kemandirian Melalui Keterampilan Tata Boga Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Angkatan 2022-2023. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (206kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (94kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (78kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (77kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (123kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (248kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (112kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (515kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (179kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (41kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
Abstract
ABSTRAK (XVI + 119 Halaman + 4 Tabel + 9 Lampiran) Fenomena remaja putus sekolah dari tahun ke tahun masih sering terjadi dan banyak ditemukan faktor utama disebabkan oleh masalah ekonomi, maka dari itu semakin banyaknya remaja putus sekolah dan remaja terlantar maka diciptakan panti sosial untuk mewadahi atau menampung orang-orang yang memang membutuhkan dan menjalani pemberdayaan. Pemberdayaan menjadi salah satu upaya dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi kreasi dalam bahan mentah menjadi suatu nilai ekonomi produktif yang akan bermanfaat bagi remaja jika sudah keluar dari panti karena memiliki keahlian dan keterampilan yang menjadi manfaat peluang usaha. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan yang diterapkan oleh PSBR dan mengetahui bagaimana keterampilan tata boga dapat meningkatkan kemandirian remaja putus sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan melakukan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa kemandirian melalui keterampilan tata boga yang dialami oleh remaja putus sekolah yang telah menjalani masa rehabilitasi di Panti Sosial Bina Remaja. Kesimpulan pada penelitian ini, pemberdayaan yang dilakukan oleh Panti Sosial Bina Remaja untuk menampung remaja-remaja yang bermasalah sosial terutama remaja putus sekolah sudah sangat baik dan sesuai dengan tujuan. Dalam kemandirian remaja yang mengikuti keterampilan tata boga dapat dikatakan berhasil karena keterampilan tata boga adalah keterampilan yang paling banyak menciptakan remaja yang bekerja setelah keluar dari Panti. Saran untuk Keterampilan Tata Boga yaitu lebih banyak membangun kerja sama dengan pihak luar agar program berjalan dengan optimal. Daftar Pustaka: 30 Referensi (2002-2022) Kata Kunci: Pemberdayaan, Remaja Putus Sekolah, Keterampilan, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 00:34 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 00:34 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17259 |
Actions (login required)
View Item |