Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Untuk Meningkatkan Kemandirian Melalui Keterampilan Tata Boga Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Angkatan 2022-2023

Cindy Tharisca Sukma, Cindy (2023) Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah Untuk Meningkatkan Kemandirian Melalui Keterampilan Tata Boga Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Angkatan 2022-2023. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK (XVI + 119 Halaman + 4 Tabel + 9 Lampiran) Fenomena remaja putus sekolah dari tahun ke tahun masih sering terjadi dan banyak ditemukan faktor utama disebabkan oleh masalah ekonomi, maka dari itu semakin banyaknya remaja putus sekolah dan remaja terlantar maka diciptakan panti sosial untuk mewadahi atau menampung orang-orang yang memang membutuhkan dan menjalani pemberdayaan. Pemberdayaan menjadi salah satu upaya dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi kreasi dalam bahan mentah menjadi suatu nilai ekonomi produktif yang akan bermanfaat bagi remaja jika sudah keluar dari panti karena memiliki keahlian dan keterampilan yang menjadi manfaat peluang usaha. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 Tebet Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan yang diterapkan oleh PSBR dan mengetahui bagaimana keterampilan tata boga dapat meningkatkan kemandirian remaja putus sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan melakukan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa kemandirian melalui keterampilan tata boga yang dialami oleh remaja putus sekolah yang telah menjalani masa rehabilitasi di Panti Sosial Bina Remaja. Kesimpulan pada penelitian ini, pemberdayaan yang dilakukan oleh Panti Sosial Bina Remaja untuk menampung remaja-remaja yang bermasalah sosial terutama remaja putus sekolah sudah sangat baik dan sesuai dengan tujuan. Dalam kemandirian remaja yang mengikuti keterampilan tata boga dapat dikatakan berhasil karena keterampilan tata boga adalah keterampilan yang paling banyak menciptakan remaja yang bekerja setelah keluar dari Panti. Saran untuk Keterampilan Tata Boga yaitu lebih banyak membangun kerja sama dengan pihak luar agar program berjalan dengan optimal. Daftar Pustaka: 30 Referensi (2002-2022) Kata Kunci: Pemberdayaan, Remaja Putus Sekolah, Keterampilan, Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:34
Last Modified: 01 Dec 2023 00:34
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item