Pelaksanaan Pelatihan Aactivity Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih
Putri Camelia Az Zahra Siregar, Putri (2023) Pelaksanaan Pelatihan Aactivity Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (13kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (35kB) |
|
Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (163kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan _ Pernyataan.pdf Download (402kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (105kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (41kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (25kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (26kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (165kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (362kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (141kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (457kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (141kB) |
|
Text
15. BAB VI.pdf Download (107kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK (xv + 113 Halaman + 2 Tabel + 3 Gambar + 9 Lampiran) Kemandirian merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dengan anak disabilitas intelektual. Anak disabilitas intelektual merupakan anak yang mempunyai IQ dibawah rata-rata anak pada umumnya. Perkembangan kemandiriannya harus dilatih terus menerus agar mereka mampu mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) di Panti Sosial Bina grahita Belaian Kasih, mengetahui hasil yang di terapkan dari pelatihan Activity Daily Living (ADL), serta penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) menggunakan beberapa metode yaitu metode demonstrasi, pemberian tugas, simulasi, dan karyawisata. Hasil diberikannya pelatihan Activity Daily Living (ADL) adalah terdapat kemandirian secara emosional, perilaku, dan nilai. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) adalah anak-anak yang memiliki kekurangan pada alat indera, anak-anak disabilitas intelektual yang tidak dapat mengerti saat diberikan materi, rasa mood anak yang tidak stabil. Sedangkan faktor pendukungnya adalah rasa ingin tau yang besar, adanya komunikasi yang baik dari instruktur dan anak-anak, kerjasama yang baik antara instruktur dan pendamping. Daftar Referensi : 31 Referensi (2002-2022) Kata Kunci : Kemandirian, Anak Disabilitas Intelektual, Activity Daily Living (ADL)
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17213 |
Actions (login required)
View Item |