Pelaksanaan Pelatihan Aactivity Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih

Putri Camelia Az Zahra Siregar, Putri (2023) Pelaksanaan Pelatihan Aactivity Daily Living (Adl) Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Di Psbg Belaian Kasih. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan _ Pernyataan.pdf

Download (402kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (105kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (25kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (26kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (30kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (457kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK (xv + 113 Halaman + 2 Tabel + 3 Gambar + 9 Lampiran) Kemandirian merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dengan anak disabilitas intelektual. Anak disabilitas intelektual merupakan anak yang mempunyai IQ dibawah rata-rata anak pada umumnya. Perkembangan kemandiriannya harus dilatih terus menerus agar mereka mampu mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) di Panti Sosial Bina grahita Belaian Kasih, mengetahui hasil yang di terapkan dari pelatihan Activity Daily Living (ADL), serta penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) menggunakan beberapa metode yaitu metode demonstrasi, pemberian tugas, simulasi, dan karyawisata. Hasil diberikannya pelatihan Activity Daily Living (ADL) adalah terdapat kemandirian secara emosional, perilaku, dan nilai. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pelatihan Activity Daily Living (ADL) adalah anak-anak yang memiliki kekurangan pada alat indera, anak-anak disabilitas intelektual yang tidak dapat mengerti saat diberikan materi, rasa mood anak yang tidak stabil. Sedangkan faktor pendukungnya adalah rasa ingin tau yang besar, adanya komunikasi yang baik dari instruktur dan anak-anak, kerjasama yang baik antara instruktur dan pendamping. Daftar Referensi : 31 Referensi (2002-2022) Kata Kunci : Kemandirian, Anak Disabilitas Intelektual, Activity Daily Living (ADL)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:49
Last Modified: 23 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item