Implementasi Program Vokasional Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum (Abh) Di Sentra Handayani

Mia Nursapitri, Mia (2023) Implementasi Program Vokasional Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum (Abh) Di Sentra Handayani. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (115kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (96kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (90kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Maraknya kasus pelanggaran hak anak yang terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir, khususnya kasus Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Menurut data yang dilaporkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengenai pelanggaran hak anak tercatat dalam kurun waktu 6 tahun dari 2017-2022 mencapai 29.322 kasus pengaduan yang dilaporkan, termasuk di dalamnya adalah kasus anak berhadapan dengan hukum. Tujuan yang ingin dicapai dalam menjalankan penelitian ialah sejauh mana pengimplementasian program vokasional yang diadakan oleh Sentra Handayani untuk mengembangkan keterampilan sosial ABH. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mana metode ini bertujuan untuk mencari teori. Ciri utama dalam metode ini adalah peneliti langsung terlibat ke lapangan, bertindak sebagai pengamat, mengamati fenomena, mencatatnya dalam buku observasi, tidak memanipulasi variabel, menitikberatkan pada observasi alamiah. Dari hasil analisis data Sentra Handayani memberikan banyak sekali program rehabilitasi, salah satunya adalah program vokasional. Penelitian ini menggunakan teori keterampilan sosial dari Gresham & Elliot (2008) yang mengatakan bahwa dalam keterampilan sosial terdapat 5 aspek yaitu kerjasama, asertif, tanggung jawab, empati, dan pengendalian diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek, terdapat 3 aspek yang perubahannya belum signifikan sehingga butuh penegasan serta pengawasan kembali, yaitu aspek kerjasama, tanggung jawab, dan pengendalian diri. Dan untuk aspek asertif dan empati sudah terdapat perubahan yang baik. Daftar Pustaka: 43 Referensi (Tahun 2002 – 2023) Kata Kunci: Implementasi Program, Vokasional, Keterampilan Sosial, ABH.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:49
Last Modified: 23 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item