Implementasi Program Vokasional Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum (Abh) Di Sentra Handayani
Mia Nursapitri, Mia (2023) Implementasi Program Vokasional Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum (Abh) Di Sentra Handayani. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
01 HALAMAN JUDUL.pdf Download (115kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (96kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (173kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (90kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (317kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (99kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Download (493kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
15 BAB VI.pdf Download (171kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
Abstract
ABSTRAK Maraknya kasus pelanggaran hak anak yang terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir, khususnya kasus Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Menurut data yang dilaporkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengenai pelanggaran hak anak tercatat dalam kurun waktu 6 tahun dari 2017-2022 mencapai 29.322 kasus pengaduan yang dilaporkan, termasuk di dalamnya adalah kasus anak berhadapan dengan hukum. Tujuan yang ingin dicapai dalam menjalankan penelitian ialah sejauh mana pengimplementasian program vokasional yang diadakan oleh Sentra Handayani untuk mengembangkan keterampilan sosial ABH. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mana metode ini bertujuan untuk mencari teori. Ciri utama dalam metode ini adalah peneliti langsung terlibat ke lapangan, bertindak sebagai pengamat, mengamati fenomena, mencatatnya dalam buku observasi, tidak memanipulasi variabel, menitikberatkan pada observasi alamiah. Dari hasil analisis data Sentra Handayani memberikan banyak sekali program rehabilitasi, salah satunya adalah program vokasional. Penelitian ini menggunakan teori keterampilan sosial dari Gresham & Elliot (2008) yang mengatakan bahwa dalam keterampilan sosial terdapat 5 aspek yaitu kerjasama, asertif, tanggung jawab, empati, dan pengendalian diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek, terdapat 3 aspek yang perubahannya belum signifikan sehingga butuh penegasan serta pengawasan kembali, yaitu aspek kerjasama, tanggung jawab, dan pengendalian diri. Dan untuk aspek asertif dan empati sudah terdapat perubahan yang baik. Daftar Pustaka: 43 Referensi (Tahun 2002 – 2023) Kata Kunci: Implementasi Program, Vokasional, Keterampilan Sosial, ABH.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17212 |
Actions (login required)
View Item |