Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Anak Disabilitas Netra Dalam Pencapaian Prestasi Akademik
ADELIA OCTAVIANI, ADELIA (2023) Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Anak Disabilitas Netra Dalam Pencapaian Prestasi Akademik. Other thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Text
1.COVER.pdf Download (57kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (292kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (519kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (312kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (466kB) |
|
Text
7.DAFTAR TABEL.pdf Download (124kB) |
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (132kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (406kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (31kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (310kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (162kB) |
|
Text
14. BAB VI.pdf Download (133kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
Abstract
ABSTRAK Berkurangnya kemampuan seseorang untuk melihat bayangan saat melakukan kegiatan sehari-hari atau ketidakberfungsian indra pengelihatan mereka disebut sebagai disabilitas netra. Anak – anak dengan disabilitas netra berhak atas pendidikan yang mendukung yang akan membantu mereka berprestasi di sekolah. Dukungan sosial orangtua dapat membantu hal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan sosial yang diberikan orang tua kepada anak-anak mereka yang memiliki disabilitas netra untuk membantu mereka berprestasi akademik, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan dukungan sosial tersebut. Studi ini dilakukan dengan metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dengan purposive sampling dengan empat responden. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik anak disabilitas netra dipengaruhi oleh dukungan sosial orangtua, yang mencakup dukungan emosional, penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan kelompok. Perkembangan keterampilan akademis dan perkembangan kognitif dipengaruhi oleh karakteristik disabilitas netra. Hal ini berkaitan dengan peran penting yang dimainkan oleh orang tua serta sekolah SLB – A Pembina Tingkat Nasional dalam mendidik anak – anak mereka yang memiliki disabilitas netra. Orangtua memberikan informasi atau nasihat secara verbal maupun nonverbal yang berdampak positif pada tindakan atau emosional dalam aktivitas sehari-hari, termasuk prestasi akademik. Daftar Pustaka: 34 Referensi (2006-2022) Kata Kunci: Dukungan Sosial,Anak Disabilitas Netra, Prestasi Akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Social Welfare Science / Ilmu Kesejahteraan Sosial |
Depositing User: | EVA AIHULIA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:49 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/17209 |
Actions (login required)
View Item |