ANALISIS RESIKO PADA SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TPST KERTALANGU DENGAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI BAL SAMPAH BAHAN BAKAR (REFUSED DERIVED FUEL)

Rifianita, Venska (2023) ANALISIS RESIKO PADA SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TPST KERTALANGU DENGAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI BAL SAMPAH BAHAN BAKAR (REFUSED DERIVED FUEL). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.

[img] Text
TUGAS AKHIR VENSKA RIFIANITA 2019450060 TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sistem pengelolaan sampah di TPST Kertalangu termasuk salah satu upaya dalam mengurangi timbunan sampah serta mengubah sampah menjadi produk yang bernilai jual yakni sampah bahan bakar (Refused Derived Fuel). Sampah diolah serta mampu dipergunakan sebagai pengganti bahan baku batu bara. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses produksi sampah bahan bakar yakni resiko – resiko penghambat tercapainya target hasil produksi, salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mencapai target perusahaan serta memenuhi permintaan offtaker yakni diterapkannya supply chain risk management. Pada penelitian ini supply chain risk management berfungsi untuk mengatur sistem rantai pasok agar berjalan dengan lancar dan meminimalisir terjadinya resiko – resiko dan menggunakan model SCOR untuk memetakan resiko yang terjadi pada aktivitas yang meliputi plan, source, make, dan deliver berdasarkan hasil wawancara serta Metode House of Risk digunakan untuk mengetahui resiko utama yang selanjutnya akan dirumuskan strategi mitigasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan empat sumber resiko utama (risk agent) dengan nilai ARP (Aggregate Risk Potential) tertinggi yang digambarkan menggunakan diagram pareto, berdasarkan risk agent utama dirumuskan 7 strategi mitigasi dalam memberikan solusi optimal bagi penyelesaian resiko, yang selanjutnya strategi mitigasi dilakukan perhitungan dan diperoleh nilai ETD (Effectiveness to Difficulty) tertinggi yang menandakan strategi utama dengan mempertimbangkan tingkat urgensi resiko tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering / Fakultas Teknik > S1 Industrial Engineering / Teknik Industri
Depositing User: Venska Rifianita
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:44
Last Modified: 28 Aug 2023 00:44
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item