Peran Media Penyiaran dalam Memperkuat Ideologi Pancasila di Era Pandemi Covid-19

Harmonis, Harmonis Peran Media Penyiaran dalam Memperkuat Ideologi Pancasila di Era Pandemi Covid-19. Peran Media Penyiaran dalam Memperkuat Ideologi Pancasila di Era Pandemi Covid-19.

[img] Text
Peran Media Penyiaran Artikel.docx

Download (449kB)

Abstract

Memperkuat ideologi sebuah Negara bangsa, khususnya dikalangan generasi millenial (anak-anak muda), menjadi sebuah keniscayaan (keharusan). Hal ini disebabkan karena ideologi merupakan way of life yang hidup dan berkembang dalam kehidupan dunia yang bersifat dinamis ataupun selalu mengalami perubahan. Dan jika tidak diperkuat, maka tidak tertutup kemungkinan ideologi yang diyakini kebenarannya tersebut akan ketinggalan zaman. Serta ditinggalkan oleh generasi setelah para pendiri ideologi kembali ke haribaan Tuhan Yang Maha Esa (wafat). Dalam konteks di atas, kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang gendre program siaran dan peran dari media penyiaran, khususnya televisi nasional, dalam memperkuat ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pancasila pada masa pandemic covid -19. Teori utama yang digunakan dalam kajian ini adalah teori komunikasi massa, penyiaran, dan program, serta nilai-nilai Pancasila. Mengingat bahwa tujuan dari penelitian ini hanya untuk mengetahui, selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis tentang gendre program dan peran dari media penyiaran dalam memperkuat ideologi Negara Pancasila di era pandemic covid-19, maka metode yang dipergunakan adalah metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, tahapan yang dilalui mulai dari mencari masalah yang akan diteliti, menentukan fokus, membuat tujuan, penentuan informan, teknik pengumpulan data, pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi dan pembuatan laporan. Adapun teknik pengumpulan data yang pergunakan guna mendapatkan data yang diperlukan dalam kajian ini adalah teknik pengumpulan data melalui observasi sederhana dengan cara menonton tayangan program televisi nasional. Dan dokumen yang berkaitan dengan kandungan program siaran lembaga penyiaran televisi nasional, khususnya yang berkenaan dengan berita dan hiburan, di era pandemic covid 19 dipahami dari sudut pandang nilai-nilai yang terkandung pada ideologi Negara Pancasila yang diperoleh melalui media online. Serta dilengkapi wawancara dengan informan ataupun sumber informasi yang dinyatakan memiliki kompetensi (kepakaran) dibidang media penyiaran dan ideologi negara. Sementara luaran dari penelitian ini dikelompokkan ke dalam luaran yang bersifat wajib dalam bentuk pemaparan di seminar nasional dan prosiding nasional ataupun internasional. Dan luaran dalam bentuk sosialisasi dari hasil kajian yang dilakukan oleh tim peneliti yang dilakukan sepanjang tahun 2022. Luaran dari kajian ini akan ada di laporan akhir penelitian yang diserahkan kepada pihak LPPM UMJ. Kata kunci: Penyiaran, Program, Peran, Ideologi, dan Covid-19.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S2 Master of Communication Science / Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM)
Depositing User: Dr. Fal Harmonis Harmonis
Date Deposited: 25 Jul 2023 14:04
Last Modified: 25 Jul 2023 14:04
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item View Item