REPRESENTASI MANUSIA MODERN DALAM IKLAN FLIP VERSI “ADA FLIP BUAT SEMUA TRANSAKSIMU” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Fifi Dwi Aryani, Fifi Dwi Aryani (2022) REPRESENTASI MANUSIA MODERN DALAM IKLAN FLIP VERSI “ADA FLIP BUAT SEMUA TRANSAKSIMU” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3.lembar pernyataan orisinalitas.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. lembar persetujuan dan lembar pengesahan.pdf

Download (402kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSENTRASI ADVERTISING Skripsi, Juli 2022 FIFI DWI ARYANI 2018140014 REPRESENTASI MANUSIA MODERN DALAM IKLAN FLIP VERSI “ADA FLIP BUAT SEMUA TRANSAKSIMU” (ANALISIS SEMOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE) (V Bab + 101 Halaman + 9 Tabel + 6 Gambar ) ABSTRAK Perubahan yang semakin modern mampu memberikan ide kepada pengiklan untuk membuat sebuah konsep iklan. Misalnya realita kehidupan masyarakat yang diangkat sebagai ide cerita dengan tujuan agar mudah mempengaruhi audience tanpa mengkritisinya. Iklan Flip versi “Ada Flip Buat Semua Transaksimu” merupakan contoh iklan yang mengangkat tema kehidupan masyarakat, berisi tentang cara bertransaksi digital di zaman modern saat ini. Adapun makna yang terkandung di setiap scene, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui makna pesan berdasarkan sign, object, dan interpretant serta representasi manusia modern yang terkandung dalam iklan. Teori yang digunakan adalah Teori Iklan, Teori Semiotika Charles Sanders Peirce, Teori Representasi dan Teori Manusia Modern. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode analisis semiotika, penelitian ini mengumpulkan data primer dan data sekunder. Selanjutnya diuji kebasahan data dengan triangulasi sumber yang berupa empat informan. Dari proses tahapan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa makna pesan yang berdasarkan sign, object, dan interpretant bertujuan untuk mengajak masyarakat mengetahui dunia transfer digital serta menggambarkan bahwa aplikasi mudah digunakan. Selain itu terdapat representasi manusia modern yang tercermin dalam scene, beberapa karakteristik manusia modern milik teori Alex Inkeles disajikan dalam visual yang unik dan kreatif. Kata kunci : Makna Pesan, Manusia Modern, dan Semiotika Referensi : 8 Buku, 11 Jurnal, 14 Website Dosen Pembimbing : Dr. Oktaviana Purnamasari, M. Si.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:36
Last Modified: 13 Jul 2023 00:36
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item