EFEKTIVITAS BAPENDA DALAM OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI PAJAK REKLAME KOTA BEKASI EFFECTIVENESS OF BAPENDA IN OPTIMIZING LOCAL REVENUE THROUGH BEKASI CITY BILLBOARD TAX

Ayang Sanis Nabila, Ayang Sanis Nabila (2022) EFEKTIVITAS BAPENDA DALAM OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH MELALUI PAJAK REKLAME KOTA BEKASI EFFECTIVENESS OF BAPENDA IN OPTIMIZING LOCAL REVENUE THROUGH BEKASI CITY BILLBOARD TAX. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[img] Text
1.Halaman Judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
3.Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4.Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
5.Kata Pengantar.pdf

Download (285kB)
[img] Text
6.Daftar Isi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7Daftar Tabel.pdf

Download (13kB)
[img] Text
8.Daftar Gambar.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9.Daftar Lampiran.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10.BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
11.BAB 2.pdf

Download (346kB)
[img] Text
12.BAB 3.pdf

Download (54kB)
[img] Text
13.BAB 4.pdf

Download (770kB)
[img] Text
14.BAB 5.pdf

Download (705kB)
[img] Text
15.BAB 6.pdf

Download (15kB)
[img] Text
16Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ayang Sanis Nabila Program Studi : Administrasi Publik Judul : Efektivitas Bapenda Dalam Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak Reklame Kota Bekasi Jumlah Halaman : 119 Pajak reklame merupakan biaya yang harus dibayar agar mendapatkan izin penyelenggaraan reklame. Dalam pelaksanaan tugas BAPENDA Kota Bekasi belum optimal dalam mencapai target pajak reklame yaitu dari tahun 2016-2019 banyak terdapat reklame ilegal, dan pemungutan pajak reklame belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas BAPENDA dalam Optimalisasi PAD melalui Pajak Reklame Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan teori menurut Duncan dalam Steers (2003) mengenai efektivitas organisasi dengan 3 indikator yaitu: Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan Miles dan Hubberman (1984) dalam Sugiyono (2017:246) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian bahwa efektivitas organisasi BAPENDA Kota Bekasi belum efektif, pada indikator pencapaian tujuan persyaratan pengurusan penyelenggaraan izin reklame yang masih menyulitkan wajib pajak reklame Kota Bekasi. Pada indikator integrasi belum efektif dimana tata kelola dan organisasi masih kurang optimal dimana dikarenakan lemahnya koordinasi eksternal satuan kerja .Belum optimalnya fungsi pengawasan dan pengendalian pajak daerah yang disebabkan belum sampai kepada fungsi penyitaan dan lelang. Pada indikator adaptasi kompetensi aparatur yang kurang dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah Kata Kunci : Efektivitas Organisasi , Pajak Reklame. Referensi : 17 sumber buku Pembimbing : Dini Gandini Purbaningrum, S.IP., M.A. ABSTRACT Name : Ayang Sanis Nabila Major : Public Administration Title : The Effectiveness Of Bapenda In Optimizing Local Revenue Through Bekasi City Billboard Tax Number of Pages : 119 Advertising tax is a fee that must be paid in order to obtain a permit to operate a billboard. In carrying out the duties of BAPENDA, Bekasi City has not been optimal in achieving the billboard tax target, namely from 2016-2019 there are many illegal advertisements, and the collection of advertising tax has not been optimal. The purpose of this study is to determine the effectiveness of BAPENDA in optimizing PAD through the Bekasi City Billboard Tax. This research uses a theory according to Duncan in Steers (2003) regarding organizational effectiveness with 3 indicators, namely: Achievement of Goals, Integration and Adaptation. This research uses a case study research method with a qualitative approach. The data source used in this study was to use data collection techniques with interviews, documentation and observation. Data analysis using Miles and Hubberman (1984) in Sugiyono (2017: 246) namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing / verification. The results of the study that the effectiveness of the Bekasi City BAPENDA organization has not been effective, on the indicator of achieving the objectives of the requirements for managing the implementation of billboard permits which still make it difficult for Bekasi City billboard taxpayers. In the integration indicators, it has not been effective where governance and organization are still less than optimal due to weak external coordination of work units. The suboptimal function of supervision and control of local taxes is due to the fact that it has not yet reached the foreclosure and auction functions. On indicators of adaptation to the competence of the apparatus that is lacking in the management of regional taxes and levies. Keywords : organizational effectiveness, billboard tax Refrence : 17 Books Supervisor : Dini Gandini Purbaningrum, S.IP., M.A.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Public Administration Science / Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: EVA AIHULIA
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:45
Last Modified: 07 Jul 2023 00:45
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item