Tesis
sanjaya, makroen (2018) Tesis. Thesis (S2) thesis, UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Text
TESIS LENGKAP + Cover & ttd-1-22.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pilkada Serentak 2017 berlangsung di 101 wilayah, tetapi Pilkada DKI Jakarta menjadi perhatian utama masyarakat. Pilkada DKI Jakarta 2017 berdaya tarik (magnitude) tertinggi media massa. Pertama, karena berlangsung di ibukota negara, pusat pemerintahan, dan pusat ekonomi politik. Kedua, Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, seorang etnik Tionghoa, tersangka kasus penistaan agama, yang memancing gelombang unjukrasa besar yang dikenal dengan “Aksi Bela Islam 212”. Hari pencoblosan putaran pertama Pilkada DKI Jakarta 2017, menjadi konten utama berita politik di Metrotv, melalui program Live Event Mencari Negarawan tagline Mengawal Pilkada Serentak 2017. Metrotv memanfaatkan program berita politik ini untuk meningkatkan performa bisnisnya, sekaligus membantu memenangkan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Peneliti mengajukan rumusan masalah Bagaimana diskursus ideologi berperan dalam Hierarki Pengaruh Isi Media pada konten Live Event Mencari Negarawan tagline Mengawal Pilkada Serentak 2017 Metrotv? Adapun subrumusan masalah adalah Bagaimana seluruh Level pada Hierarki Pengaruh Isi Media, yang meliputi Level Individual, Level Rutinitas Media, Level Organisasional, Level Ekstramedia dan Level Ideologi mempengaruhi Live Event Mencari Negarawan tagline Mengawal Pilkada Serentak 2017? Teori yang digunakan adalah Teori Hirarki Pengaruh Isi Media oleh Pamela J.Shoemaker dan Stephen D.Reese.Teori Hirarki Pengaruh Isi Media menekankan tentang bagaimana konten media dipengaruhi oleh pihak internal dan eksternal melalui berbagai Level, Individual, Organisasional, Rutinitas Media, Ekstramedia dan Level Ideologi. Keseluruhan Level itu beroperasi pada bauran elemen konten program yang menggambarkan praktik ideologi media di Metrotv. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Live Event Mencari Negarawan tagline Mengawal Pilkada Serentak 2017 di Metrotv, diwarnai sejumlah gejala akibat pengaruh individu para jurnalis, rutinitas kerja, organisasi internal, pihak eksternal dan terutama pengaruh ideologi nasionalis Surya Paloh, Partai Nasdem dan ideologi Metrotv sendiri. Melalui program berita politik itu juga positioning Metrotv dan meraih pendapatan (revenue) besar, sekaligus berlangsungnya Pilkada DKI Jakarta 2017
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dr. Makroen Sanjaya |
Date Deposited: | 04 May 2023 01:22 |
Last Modified: | 04 May 2023 01:22 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13282 |
Actions (login required)
View Item |