PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH FAI UMJ TAHUN MASUK 2017)

Ahmad, Nurfaizie (2021) PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH FAI UMJ TAHUN MASUK 2017). Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
AHMAD NURFAIZIE.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran bank syariah untuk menawarkan sistem perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa perbankan tanpa harus melanggar larangan riba. Sebagaimana disinyalir oleh para ekonom muslim, ada dua alasan utama mengenai latar belakang berdirinya bank syari’ah, yaitu: (1) adanya pandangan bahwa bunga (interest) pada bank konvensional itu hukumnya haram karena termasuk dalam kategori riba yang dilarang dalam agama, bukan saja pada agama Islam tetapi juga oleh agama samawi lainnya. Hal ini lebih diperkuat lagi dengan pendapat para ulama yang ada di Indonesia yang diwakili oleh fatwa MUI Nomor 1 tahun 2004 tentang bunga yang intinya mengharamkan bunga bank yang didalamnya terdapat unsur-unsur riba Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam mencari hasil jawaban metode ini menggunakan hasil kuesioner yang di aplikasikan ke SPSS dan Excel. Berdasarkan nilai t diketahui nilai thitung sebesar 6.063>2,042, dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan mahasiswa (X) berpegaruh terhadap variabel minat menabung di bank syariah (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Islamic Religion > S1 Sharia Banking Management / Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: S.IP Kibar Sumanja
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:00
Last Modified: 13 Apr 2023 07:00
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13238

Actions (login required)

View Item View Item