Strategi Komunikasi Pemasaran Media Digital dalam Peningkatan Reputasi Lembaga PPPA Daarul Qur’an

Jamiati, KN (2016) Strategi Komunikasi Pemasaran Media Digital dalam Peningkatan Reputasi Lembaga PPPA Daarul Qur’an. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Master" not defined] thesis, Universitas Muhammadiyah jakarta.

[img] Text
thesis Jkn.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga PPPA Daarul Qur’an adalah salah satu lembaga swasta yang menyadari pentingnya meningkatkan reputasi. PPPA Daarul Qur’an adalah lembaga pengelola sedekah yang berkhidmad pada pembangunan masyarakat berbasis tahfizhul Qur’an yang dikelola secara profesional dan akuntabel. Didiirikan pada tahun 2003 di Jakarta Indonesia oleh Ust Yusuf Mansur. Hingga saat ini lembaga tersebut sudah memiliki 8 cabang utama, dengan totoal jumlah karyawan kurang lebih sekitar 1023 jiwa. Dengan demikian peneliti merumuskan masalah yang ingin diketahui adalah bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran media digital lembaga PPPA Daarul Qur’an dalam meningkatkan reputasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran media digital lembaga PPPA Daarul Qur’an dalam meningkatkan reputasi. Dalam meningkatkan reputasi, sebelum mengetahui strategi apa yang digunakan harus ditetapkan terlebih dahulu tujuan yang akan dicapai dalam melaksanakan strategi ini. Dan tujuan tersebut dituangkan dalam credibility, reliabity, responsibility, dan trustworthiness kemudian untuk mencapai tujuan tersebut disusunlah strategi dalam website, search engine optimations, pemasaran afiliasi, jejaring sosial, online public relatons, email marketing dan manajemen hubungan konsumen kesemuanya untuk meningkatkan reputasi lembaga. Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada key informan koordinator media dan informan terdiri dari manajer marketing komunikasi, Direktur lembaga PPPA Daarul Qur’an Humas online serta Donatur tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran media digital dalam meningkatkan reputasi lembaga PPPA Daarul Qur’an menggunakan beberapa strategi yaitu website, search engine optimation (seo), pemasaran afiliasi dan kemitraan bisnis, online public relations, jejaring sosial (path, isntagram, facebook, twitter, pansfage), email marketing dan manajemen hubungan masyarakat. Dan media yang paling efektif dalam komunikasi pemasaran media digital lembaga PPPA Daarul Qur’an adalah online public relations, jejaring sosial dan email marketing.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Master" not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > S1 Communication Studies / Ilmu Komunikasi
Depositing User: M.I.Kom. JKN jamiatikn
Date Deposited: 11 Nov 2022 16:01
Last Modified: 11 Nov 2022 16:01
URI: http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item