KONSEP DIRI DAN MINAT MENJADI GURU PADA LULUSAN PAI KELAS KARYAWAN FAI UMJ ANGKATAN TAHUN 2014- 2015
RAMDAN, RUKMANA (2022) KONSEP DIRI DAN MINAT MENJADI GURU PADA LULUSAN PAI KELAS KARYAWAN FAI UMJ ANGKATAN TAHUN 2014- 2015. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas profesi keguruan yang terjadi pada Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan berfaktor pada lulusan PAI. Profesi guru menempati kedudukan yang terhormat di masyarakat, bahwa guru dapat mendidik dan membentuk kepribadian anak didik dengan baik agar mempunyai intelektualitas yang tinggi serta jiwa kepemimpinan yang bertanggungjawab. Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsep diri dan minat lulusan mahasiswa PAI Kelas Karyawan FAI UMJ angakatan Tahun 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara pihak mahasiswa lulusan. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh oleh dokumentasi atau studi kepustakaan untuk melengkapi data- data primer. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni 2020- Juni 2021. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa konsep diri dan minat lulusan mahasiswa PAI Kelas Karyawan FAI UMJ angakatan Tahun 2014-2015 menjadi guru cukup rendah dan dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya faktor intern seperti faktor kepribadian individual dan faktor ekstern seperti faktor orangtua, faktor teman sebaya, faktor gender, faktor pendapatan dan faktor lapangan pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > S1 Islamic Religious Education / Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.IP Kibar Sumanja |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:00 |
URI: | http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9225 |
Actions (login required)
View Item |